Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih dan Contoh Kado Untuk Suami Tercinta Agar Berkesan

Bingung memilihkan kado untuk suami yang spesial Bun? Pasti tak enak kan ya, memberikan hadiah untuk suami, kemudian respon suami datar-datar saja. Jangan khawatir, setelah membaca artikel ini harapannya Bunda bisa memilih kado untuk suami dengan tepat. Agar hadiah yang kita berikan menjadi nilai tambah yang bermanfaat untuk kehidupan suami istri, apalagi sampai membuat suami menjadi lebih sayang dan baik dengan keluarga lebih khususnya dengan istri. Oleh karena itu, memilih kado untuk suami harus dilakukan dengan cermat. Karena penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Ingat ya bun, momen untuk memberikan hadiah tidak harus pada saat ulang tahun atau ultah suami saja. Ada banyak kejadian spesial yang membuat suami layak diapresiasi untuk kemudian diberi hadiah yang spesial, menarik ataupun yang unik. Seperti saat suami sembuh dari sakit, hafal juz ke 30, lulus program magister atau doktoral, mendapatkan promosi jabatan di kantor dan kejandian lainnya. Bahkan istri bisa memberikan kado hadiah untuk suami tanpa ada kejadian apa pun yang melatarinya. Karena dalam islam memberikan hadiah hukumnya sunnah dan akan mempertebal rasa cinta, apalagi jika hadiah diberikan pada pasangan kita?

Tas, Contoh Kado Untuk Suami, hadiah Untuk Suami, Kado Untuk Cowok, Hadiah Ulang Tahun Suami, Hadiah Kesukaan Lelaki, Kado Untuk Pria
Tas, Contoh Kado Untuk Suami

Coba renungkan hadist seputar pemberian hadiah dalam Islam dibawah ini bun.
“Hendaklah kamu saling memberi hadiah, karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati.” (HR Thabrani).

Sesuai judulnya, contoh kado untuk suami, kami berikan tips memilih kado untuk suami kemudian contoh kadonya, tips ini kami tujukan kepada para istri yang sudah menikah. Untuk yang belum menikah bisa mencari suami dulu dengan cara yang halal, :). Ingat ya, kami sangat tidak merekomendasikan memberikan kado untuk pacar. Karena hukum islam yang kami pahami, melakukan pacaran dalam Islam adalah perbuatan yang terlarang, kecuali pacaran setelah pernikahan seperti judul bukunya ust Salim A Fillah. Nikmatnya Pacaran Seteleh Pernikahan. Dunia jadi serasa milik berdua deh pokoknya bun, yang lain cuma numpang. He he

Sebelum melanjutkan ke pembahasan 9 kado untuk suami, akan kami berikan tips untuk memilih hadiah untuk suami dulu ya bun. Istilahnya Al Ilmu Qobla Amal, ilmu sebelum perbuatan. Sebelum pilih kado menarik untuk suami, pelajari dulu baiknya seperti apa kado yang cocok untuk "hubby" tercinta. Siap kan bun? 

Tips Pilih Kado Untuk Suami


1. Paling Utama : Sesuai Syariat

Ini adalah hal yang paling penting menurut kami. Sebagai bukti kecintaan yang sejati pada pasangan kita bun, tentu kita tidak ingin pasangan kita terjerumus dalam dosa yang akan berakibat pada siksa di akhirat bukan? Untuk itulah sebagai istri yang baik, selayaknya memberikan kado yang tidak bertentangan dengan hukum syariat. Karena jika dimanfaatkan oleh suami malah akan membuat suami berdosa. Sedih rasanya kan bun saat melihat suami bergelimang dosa. Sudahlah ibadah belum tentu mendapatkan pahala, dosa pasti dapat. Bayangkan juga, siksaan saat dineraka saat suami karena kado yang kita berikan ini.. hii

Mungin ada yang bertanya, apakah ada hadiah  seperti itu?, yang bisa menjeruskan suami ke neraka. Ada banyak sekali lho bun, sebagai contoh misalnya jika ada istri memberikan suami kado pernikahan berupa minuman keras, membelikan pakaian yang mengandung sablon gambar atau tulisan yang bertentangan dengan islam, membukakan deposito yang mengandung riba dan sebagainya. Intinya, istri punya peran penting yang amat vital dalam menjaga ketaqwaan suami. Pemberian hadiah pada suami juga bisa menjadi sarana meningkatkan ketaqwaan kepada Nya lho. Mau kan jadi istri sholehah yang membantu sekeluarga masuk surga bersama? Pilihannya mau atau mau bagets!.. he he

Sumber Pedoman Pilih Kado Spesial Suami
Sumber Pedoman Pilih Kado Spesial Suami


2. Hal Yang Paling Dibutuhkan

Coba deh pikirkan ya bun, saat kita butuh dompet tiba-tiba suami datang dan memberikan hadiah untuk kita berupa dompet yang cantik. Senang sekali bukan rasanya saat mendapatkan hadiah barang yang kita butuhkan. Seperti itu pula yang akan terjadi saat kita memberikan hadiah yang dibutuhkan oleh suami kita. Ini triknya, orang yang membutuhkan sesuatu biasanya sering mengulang-ulang hal tersebut. Coba ingat kembali pembicaraan dengan pasangan anda. Apakah pernah mengucapkan butuh akan barang tertentu untuk keperluannya. Yup, jika sudah ketemu segera lakukan pembelian akan barang tersebut untuk hadiah suami tercinta.

Jika masih belum ketemu, bisa ajak pasangan kita ke tempat belanja barang. Bisa di mall ataupun pasar tradisional. Amati gerak-gerik suami, apakah ada tanda-tanda dia tertarik dengan barang tertentu. Jika suami memberikan komentar seperti “Ini bagus”, “Sepertinya ini keren”, “Ini lucu dech”. Jangan belikan saat itu juga. Belilah secara sembunyi-sembunyi dilain waktu sehingga bisa menjadi surprise untuk suami. Bisa juga dengan menangkap momen yang dialami oleh suami, misalkan suami akan promosi jabatan, pasti dia membutuhkan jas yang cocok untuk dipakai saat serah terima jabatan. Hadiah berupa jas akan menjadi yang yang dibutuhkan suami. Pokoknya harus kreatif mencari celah agar kita tahu kebutuhan suami ya bun. Siap laksanakan ya? 

3. Berikan Kado Sesuai Hobi

Jika ada yang bertanya, siapa orang yang paling dekat dengan suami? Istri adalah jawabnya. Istri adalah orang yang paling dekat dengan suami. Maka dari itu, mulai dari kebutuhan kecil suami hingga soal hobi suami, istrilah orang yang paling tahu akan hal tersebut. Untuk itu, memberikan hadiah yang sesuai dengan hobi suami bisa menjadi opsi yang akan membuat istri disayang suami. Semisal, jika suami hobi membaca buku-buku sejarah jawa. Bisa kita berikan buku sejarah Mataram Islam, suami pasti akan suka melihat bagaiman intrik dan kejadian politik masa silam di tanah Jawa ini. Jika suami suka berpetualang di gunung, bisa diberikan jaket gunung, harapannya saat "honey" naik gunung akan selalu teringat kita yang memberikan kehangatan lewat jaket tersebut. Jika suami kita suka fotografi, bisa kita belikan kamera. Jika suami hobi berkendara dengan motor, bisa dibelikan sarung tangan atau helm dan sebagainya.

Hadiah yang akan dijadikan surprise untuk suami yang disesuaikan dengan hobi juga akan menjadi lebih spesial jika suami betul-betul menginginkan hal tersebut karena belum punya. Istri harus pintar-pintar sejak jauh hari melakukan 'investigasi' akan barang yang paling diinginkan oleh suami yang sesuai dengan hobinya. Ini adalah salah satu tips memilih kado untuk suami yang cukup manjur.

4. Sesuaikan Dengan Budget

Uang memang bukan sumber kebahagiaan. Sebagai muslim ya bun, kebahagiaan itu manakala kita terikat dengan syariat. Sejalan dengan ridho-Nya. Namun juga jangan sampai pemberian kado hadiah untuk suami akan menggoncang stabilitas keuangan keluarga. Ingat, bisa jadi anda sudah memiliki momongan yang punya hak juga untuk dipenuhi kebutuhannya. Coba bayangkan, jika anak kita yang masih kecil malah tidak kebagian jatah untuk beli susu. Sedih kan bun? Untuk itu para istri bisa kreatif dalam memilihkan kado untuk suami. Bisa jadi hal-hal kecil dan bermakna cocok untuk suami. Semisal dimasakkan makanan kesukaan suami, pigura cantik atau bahkan sekedar pembatas buku. 

Nah, setelah tahu ilmunya, waktunya kita membahas ide inspirasi contoh kado untuk suami ini. Baca step by step ya bun. Aslinya, tips ini bisa juga dipakai saat memberikan kado untuk ayah, sahabat dan juga anak. Semoga bermanfaat yach. Sebelum lanjut kami ulangi lagi tips memilih kado untuk pasangan kita ini.
  1. Paling Utama : Sesuai Syariat
  2. Hal Yang Paling Dibutuhkan
  3. Berikan Kado Sesuai Hobi
  4. Sesuaikan Dengan Budget

9 Contoh Hadiah Kado Untuk Suami


Kesembilan item hadiah ini hanya contoh saja, intinya bunda bisa lebih kreatif mencari barang yang unik dan menarik untuk hadiah suami. Karena setiap manusia spesial kan Bun. Tentu setiap suami kita memiliki karakteristik masing-masing. Berikut daftar contoh inspirasi kado suami.

1. Sepatu
Banyak pilihan sepatu saat ini. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan suami. Dapat berupa sepatu kerja, sepatu santai hingga sepatu outdoor. Semisal saat akan menjalankan program olahraga rutin, pilihan sepatu olahraga bisa menjadi pilihan yang tepat. Tak harus memberikan sepatu yang bermerk dan mahal. Sepatu produksi lokal yang berkualitas pun banyak tersedia.

2. Sandal
Kegiatan keluarga tidak selamanya serius, malah sebagian besar santai. Benar kan bun? Ketika berkegiatan santai diluar, banyak pria yang memilih memakai sandal, hadiah dari istri berupa sandal bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Arloji
Jika suami kita executive yang ketat jadwalnya. Bisa jadi hadiah berupa arloji ini cocok untuk suami yang disiplin akan waktu. Berikan pada waktu yang tepat, insyaa Allah suami akan suka. Semisal berikan dengan dandan yang cantik dimalam hari, dengan memakai pakaian yang disuka suami. Ada ide lain bun? Hi hi 

4. Baju, Kemeja, Kaos dan semisal
Bisa berupa kemeja, batik, jaket hingga kaos. Sebagai nilai tambah, alangkah baiknya jika mengandung pesan yang mengingatkan untuk membina keluarga secara Islami. Salah satunya adalah brand kaos dakwah @kaosbapaksholeh. Pesan islami untuk membina keluarga dengan islam sangat cocok untuk dipakai suami. Banyak istri-istri sudah mencobanya lho.

Suami Dengan Kaos Muslim Keluarga
Suami Dengan Kaos Muslim Keluarga

5. Tas
Sebagai istri yang baik, bisa melihat kebutuhan akan tas dari suami. Apakah cocok jika suami dibelikan tas kerja atau tas untuk bepergian. Jika ternyata suami pas membutuhkan hal tersebut. Memberikan kado berupa tas bisa menjadi opsi terbaik. Tentunya dengan tetap diingat kesesuaian dengan tips yang kami sebutkan diatas, sesuai syariat, sesuai hobi, sesuai kebutuhan dan budget. Jangan khilaf saat belanja ya bun.. he he

6. Buku
Buku adalah jendela dunia, tak hanya perempuan, banyak juga laki-laki yang suka membaca buku. Istri bisa memberikan buku bacaan kesukaan suami atau bisa juga berupa buku Islami. Semakin meningkatnya kualitas keilmuan suami, hal tersebut akan berimbas pada keluarga juga. Misalkan saat suami membaca buku seputar morfologi hewan, hal tersebut akan bermanfaat saat mendidik anak-anak juga. 

7. Helm
Punya suami biker? Jika pun suami kita bukan orang yang ikut klub motor, hadiah ini cocok juga jika suami pergi ke kantor memakai sepeda motor, apalagi jika suami merupakan cowok yang hobi dengan motor. Spesial pastinya kan ya bun? :)

8. Puisi
Hadiah tak harus mahal, jika suami suka seni. Istri bisa memberikan hadiah kecil berupa puisi. Berikan dengan cara yang spesial, misalnya dengan cara berikirim surat ke kantor suami, sampaikan pesan juga betapa bunda mencintai suami, sembari mengingatkan untuk mencari rizki yang halal untuk keluarga. Hal kecil yang mampu menguatkan tali pernikahan.

9. Kamu
Keberadaan istri dalam setiap momen berharga suami adalah hal yang penting. Berikan perhatian dan support yang maksimal dalam setiap langkah besar suami tercinta. Ingat, dibalik suami yang hebat, terdapat wanita yang hebat pula, yang menemani perjuangan hidup suami. Contohnya adakah? Banyak bun, silahkan lihat biografi tokoh-tokoh besar dunia, lihat bagaimana peran pasangan hidup dalam kesuksesan mereka.

Semoga 9 kado untuk suami ini bermanfaat ya bunda semua. Ingat, contoh inspirasi kado ini hanya contoh saja, bunda semua bisa mengembangkan sesuai dengan karakteristik suami masing-masing. Jika Bunda ingin memilih kado untuk suami tercinta yang spesial dan Islami, kami memberikan opsi berupa kaos muslim dengan tema keluarga Islami. Banyak yang sudah memberikan sebagai hadiah untuk suami juga, dan rata-rata suami suka diberikan hadiah tersebut. Namun maaf Bun,  stock yang ada terbatas dan bisa habis sewaktu-waktu, jadi ada baiknya menghubungi admin sebelum model yang disukai habis. Moga bermanfaat ya Bunda semua dalam mencarikan kado suami.  

2 komentar untuk "Tips Memilih dan Contoh Kado Untuk Suami Tercinta Agar Berkesan"