Jual Kaos Dakwah Islami Yang Keren (PRIA DEWASA SEJATI)

Kaos dakwah, istilah ini mungkin sering kita dengarkan. Sejak beberapa waktu ini, model baju bertema Islam mulai digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari rakyat biasa hingga pejabat. Dari lulusan SMP hingga perguruan tinggi, dari orang biasa hingga artis. Beberapa artis dan mantan artis bahkan mempunyai bisnis baju muslim untuk pria ini. Sebutlah Teuku Wisnu dengan 1godclothing nya, Sakti ex Sheila on 7 dengan SAJ merch. Suka atau tidak suka, jumlah penduduk mayoritas negeri ini yang muslim serta meningkatknya kesadaran berIslam masyarakat menjadi faktor pemicu utama mulai digandrunginya busana ini. 

Selain dipakai sendiri, banyak dari masyarakat yang menjadikan kaos dakwah ini sebagai hadiah atau kado. Bisa kado dari istri kepada suami, kado dari anak kepada ayah, kado untuk teman yang menikah, hadiah seminar/traning, hadiah untuk kolega bisnis maupun kado persahabatan. Hal ini bisa menjadi inspirasi dalam berdakwah dan menebarkan kebaikan. Pada tulisan ini akan dibahas beberapa hal sebagaimana tabel artikel berikut :
  1. Kaos Dakwah, Antara Surga dan Neraka
  2. Persebaran Kaos Dakwah
  3. 10 Model Kaos Dakwah
  4. Penutup

Kaos Dakwah, Antara Surga dan Neraka

Mungkin ada yang menilai, sub judul diatas lebay dan mengada-ada, namun sebagai muslim kita perlu terikat dengan syariat dalam segala hal. Kita mengenal apa yang disebut ahkamul khamsah (hukum yang lima) yaitu haram, makruh, mubah, sunnah dan wajib. Hukum asal memakai kaos adalah mubah. Namun, jangan salah, memakai kaos bisa menjadi haram. Tergantung tema dan desain kaos tersebut. Itulah kenapa kami berikan sub judul Kaos Dakwah, antar Surga dan Neraka. So, sebagai muslim, selayaknya kita berhati-hati dalam memilih busana. Baik untuk keluar rumah maupun untuk di dalam rumah. Tentu ini berlaku bagi laki-laki yang sudah kena taklif hukum, yaitu laki-laki berakal dan sudah baligh. Untuk membimbing anak-anak melalaui masa baligh dengan baik, silahkan membaca tulisan berikut :  Tips Mempersiapkan Anak Memasuki Masa Baligh

Mana batas aurat laki-laki? Pertanyaan ini mungkin muncul dalam benak kita. Terdapat perbedaan dikalangan ulama 4 mahzab mengenai batasan aurat laki-laki. Ulama Hanafiah berpendapat pusar sendiri bukan aurat, akan tetapi mereka menganggap lutut adalah aurat. Sedangkan ulama Syafiiyah dan Hambali mengambil hukum lutut dan pusar bukan aurat, namun yang berada diantara lutut dan pusar adalah aurat. Bingung kan? Tak perlu risau, kesemua itu adalah pendapat Islami, tinggal kita ikuti mana pendapat Islami yang paling kuat. Jika masih bingung, karena tidak memiliki kemampuan, bisa tanya kepada orang yang lebih berilmu. Menurut pendapat yang kami kutip dari situs Rumaysho, pendapat terkuat menurut jumhur untuk aurat lelaki adalah antara pusar hingga lutut. Wallahu alam bishowab. Setelah terjawab batas aurat, kita bisa menentukan model kaos dakwah yang hendak kita pakai. Syarat pertama harus menutup aurat.

Apakah menutup aurat saja cukup? Ini mungkin hal yang harus kita cermati sebagai konsumen kaos dakwah. Banyak pula dijumpai baju-baju distro yang menutup aurat, bahkan sampai lengan panjang. Namun kembali kami tanyakan? Apakah sahabat mau memakai jika ternyata gambar sablon nya wanita setengan telanjang? Atau kata-kata cabul? Tentu tidak bukan? Jadi selain menutup aurat, kita harus mengecek apakah isi yang terkadung dalam kaos berlawanan dengan Islam atau tidak, semisal kaos komunis yang beberapa waktu yang lalu ramai beredar. Nah, enaknya memakai busana islami, gambar dan kata-katanya insyaa Allah sudah sesuai dengan syariat Islam, bahkan berisi nasehat Islam, itulah mengapa jenis kaos ini sering disebut juga kaos dakwah. Itulah alasan kami membuat kaos distro muslim.

Persebaran Kaos Dakwah

Sebagaimana layaknya trend di dunia fashion. Trend dimulai dari kota-kota besar, kemudian menyebar kedaerah lain. Cuma karena saat ini ada perkembangan teknologi, proses penyebaran trend bisa sangat cepat. Adanya internet dan sosial medialah yang membuat hal tersebut terjadi. Trend fashion dari kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar, Jogja dan yang lain bisa menggelinding dengan cepat bak bola salju. Maka tidak mengherankan jika kaos dakwah bisa sampai dipakai oleh pemuda dari Aceh hingga Papua. Dan salah satu kota yang bisa menjadi pusat distro muslim selain Bandung adalah Jogja ( baca : Jogja Pusat Distro Muslim ).

Memang benar jika saat ini baju dakwah belum menjadi mainstream di Indonesia ini, suatu hal yang ironis mengingat sebagian besar penduduknya adalah muslim. Cobalah tengok di jalan-jalan merk-merk kaos seperti Peter Says Denim, RipCurl, Famous, Macbeth, Volcom, Billabong, Kiddrock, Diery, Vans, QuickSilver, Infight, Nevalium, Rockmatic, Orium, Proshop, 3Second, Spyderbilt, Ouval rsch, Nimco, Aka Movement, Troy Company dan yang lain, pasti sering kita jumpai bukan? Namun alhamdulillah dilihat dari tahun ke tahun,  minat untuk fashion Islami semakin bagus, bahkan sampai ada brand-brand luar negeri yang membuat baju untuk wanita muslim. Disamping itu, adanya kegiatan dakwah yang masif di perkotaan dan kampus, baik itu dari Muhammadiyah, Nahdhatul Ulama (NU), Ikhawanul Muslimin, Jamaah Tabligh, Hizbut Tahrir, Manhaj Salafy dan yang lain semakin memperbagus kesadaran kaum muslimin akan Islam yang pada gilirannya akan merubah cara pandang mengenai pakaian yang hendak dipakai. Jadi arah perkembangan pakaian islami insyaa Allah positif. Bahkan kami sering mendapatkan testimoni positif dari para Istri yang membelikan kaos Islami untuk suaminya.

10 Model Kaos Dakwah Bagus

Pada sub judul ini akan kami bahas satu persatu model kaos dakwah dari brand kami, yaitu @kaosbapaksholeh. Kami akan bahas dari aspek filosofis makna dan tujuan dari kaos tersebut, bukan dari segi bahan dan teknik sablon yang dipakai. Sebagai informasi dasar, bahan yang kami pakai terkadang cotton combed 24 s dan 30 s, untuk tinta sablon yang dipakai ada yang rubber, plastisol dan superwhite, tidak menutup kemungkinan nanti akan berkembang dari segi bahan dan tinta sablon yang digunakan.

a) Kaos Dakwah Bertekad Ajak Anak Istri Ke Surga Nya
Dengan adanya kaos dakwah ini kami berharap agar ada motivasi yang kuat dari ayah sebagai kepala rumah tangga untuk membimbing keluarganya. Biar bagaimanapun, sosok ayah adalah pemimpin rumah tangga. Jika ayah kuat dalam pondasi tekadnya, diharapkan mampu membimbing keluarga ke jalan yang benar. Tentu landasan tekad nya juga harus benar. Kaos dengan desain ini kami buat 3 warna, yaitu hitam, putih dan biru. Landasan kami membuat desain ini bisa dibaca diartikel berikut ini.



b) Kaos Dakwah Remember Luqman 12 19
Adanya anak-anak yang durhaka terhadap orang tua, bahkan sampai pada mencederai fisik, hal tersebut membuat kami tergerak untuk membantu mengkampanyekan dasar-dasar pendidikan anak dalam islam. Jika kita bicara tentang mendidik anak, maka surat Luqman ayat 12 sd 19 membahas tentang hal tersebut.



c) Kaos Nasehat Islami Ibumu Ibumu Ibumu lalu Ayahmu
Ibu adalah sosok yang mulia, pesan itulah yang ingin kami sampaikan lewat kaos dakwah ini. Sosok ibu dalam Islam adalah spesial, hal tersebut disampaikan dalam suatu hadist dimana Rasululullah menyebut ibu 3 kali baru kemudian ayah. Harapan kami para pemakai kaos distro muslim ini menjadi pribadi-pribadi yang mencintai Ibu nya.



d) Pakaian Muslim Rizki Takkan Tertukar, Selalu Cari Yang Halal
Kehidupan saat ini memang keras. Beban hidup semakin meningkat setiap saat. Banyak yang tak peduli dengan halal dan haram dalam mencari nafkah. Oleh karena itu, kami ingin mengkampanyekan kepada segenap kepala keluarga dan calon kepala keluarga, agar memperhatikan jalan mencari rizki. Ini juga masuk dalam perkara aqidah, dimana setiap muslim wajib percaya bahwa rizki telah dijamin oleh Nya, menggunakan cara-cara yang haram tidak akan menambah jatah rizki kita. Maka kami tuangkan dalam kaos dakwah dengan tulisan “Rizki takkan tertukar, selalu cari yang halal”



e) Kaos Dakwah Muslim Family, Happy Family
Menjadi keluarga bahagia adalah impian setiap orang. Kami meyakini bahwa setiap muslim jika berkeluarga dalam ketaatan akan aturan Islam akan menjadi keluarga bahagia. Ada masalah wajar terjadi, namun dengan bekal ketundukan pada syariat, hal itu bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat. Saat mendidik anak dengan jalan islam pun insyaa Allah akan menjadikan anak pribadi yang islami, sehingga pada gilirannya akan menjadikan keluarga bahagia. Muslim Family Happy Family



f) Baju Muslim Jaga Diri dan Keluarga dari Api Neraka
Terinspirasi dari surat At Tahrim ayat 6 tentang pentingnya menjaga keluarga dari api neraka, kami membuat pesan lewat kaos dakwah dengan tulisan “Jaga Diri dan Keluarga dari Api Neraka”. Hal tersebut sebagai salah satu concern kami menyentil peran kepala keluarga yang sesungguhnya, yaitu mengantarkan keluarga pada keridhoan Nya semata.



g) Kaos Dakwah Kaligrafi Kufi Baiti Jannati
Rumah bisa manjadi momok bagi keluarga. Kami ingin mengembalikan kesan rumah sebagai tempat berteduh dan tempat yang membahagiakan lewat tulisan kaligrafi pada kaos dakwah berupa tulisan pepatah arab “Baiti Jannati”, meski tulisan kaligrafi arab, namun karena sebatas pepatah, tidak mengapa dibawa ke toilet. Hukumnya mubah mubah saja.



h) Kaos Dakwah Wannabe Great Husband Like Rasulullah PBUH
Rasulullah adalah sosok panutan bagi kaum muslimin, beliau menjadi panutan dalam banyak sendi kehidupan, sebagai pedagang, sebagai pemimpin, juga sebagai kepala rumah tangga. Lewat kaos dakwah ini, kami ingin menjadikan beliau sebagai idola setiap muslim dalam menjadi suami dan ayah bagi anak anak nya. Tulisan yang kami angkat adalah “Wannabe Great Husband Like Rasulullah PBUH”.



i) Kaos Dakwah Kaligrafi Al Qowwam (The Leader)

Kepemimpinan dalam keluarga adalah hal yang sangat dibutuhkan. Tanpa pemimpin yang cakap, keluarga akan berjalan tanpa tahu arah. Ibarat kapal, tanpa nahkoda yang baik kapal bisa tersesat atau bahkan karam. Melalui kaos ini kami berusaha untuk mengingatkan kembali peran kepemimpinan suami dalam keluarga. Tulisan yang ada dalam kaos dakwah ini adalah kaligrafi arab Al Qowwam (The Leader), kata tersebut terinspirasi dari surat An Nisa ayat 34.



j) Kaos Nasehat Islami : Islam Is The Only Solution Of Life

Kami meyakini bahwa Islam adalah agama paripurna yang tidak hanya mengatur aspek ritual belaka. Islam juga memiliki pengaturan tentang kehidupan, meliputi sistem sangsi, sistem ekonomi, sistem pendidikan, sistem pergaulan hingga sistem pemerintahan. Semua bagian tersebut jika diterapkan insyaa Allah dapat mewujudkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin. Islam yang bisa menjadi rahmat bagi seluruh alam.


Penutup

Itulah ke 10 kaos dakwah yang cocok, nyaman dan trendy dipakai orang dewasa. Jangan lupa untuk senantiasa merawat kaos kita agar tetap dalam kondisi baik. Apakah jika memakai kaos distro Kaos Bapak Sholeh akan langsung menjadi baik? Tentu TIDAK. Kami tidak memberikan jaminan tersebut. Karena proses perubahan seseorang dimulai dari berubahnya pemikiran orang. Jadi semisal memakai kaos nasehat islami ini namun tidak ikut merubah pemikirannya, maka tidak akan terjadi perubahan sikap. Besar harapan kami pesan yang terkandung dalam setiap kaos dakwah ini dipahami kemudian untuk disikapi dalam perubahan sikap. Jadi, akhir kata, selamat berbelanja. Moga manfaat full barokah, jangan lupa tuliskan pendapat dan masukan sahabat melalui kolom komentar jika berkenan. 

Komentar

Posting Komentar