Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelaah Tiap Jengkal Wisata Religi di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari namanya saja sudah mencerminkan suatu daerah yang istimewa berbeda dari yang lainnya. Tidak heran para pengunjung serta wisatawan selalu saja dibuat mabuk olehnya. Adat serta budayanya yang khas membuat siapa saja betah berlama-lama di Jogja tercinta. Tak hanya itu, berbagai wisata juga dapat Anda nikmati bersama keluarga. Wisata religi salah satunya.

Jogja Memang Istimewa

Daerah Istimewa Yogyakarta, sebuah provinsi istimewa dengan luas wilayah yang boleh dibilang mungil terbentang diantara provinsi Jawa Tengah. Meskipun daerah ini kecil bagi sebagian orang namun berbagai jenis orang dari beragam daerah di Indonesia hampir semua bisa Anda temukan di kota ini. Tidak hanya karena wisatanya, namun karena Jogja sudah lama terkenal sebagai kota pelajar.

Sebagai kota pelajar para pemuda pemudi yang berasal dari beragam daerah nusantara datang demi menimba ilmu disana, menyandang status maha-siswa menelisik setiap sudut kota Jogja, memecah angkara, menyeruput mimpi, cita dan asa. Namun tidak sedikit pula imigran yang bertarung tuk undi nasib disana. Dengan beragam jenis manusia, menjadikan kota Jogja sangat dinamis bak kota adidaya.

Banyak sekali wisata religi yang ada di Jogja. Sumber:brilio.net


Aneka Wisata di Jogjakarta

Jogja memang terkenal sebagai daerah wisata yang senantiasa ramai pengujung. Hal ini disebabkan Jogja memiliki banyak hal menggoda yang menarik perhatian turis juga wisatawan dunia. Beragam wisata dari berbagai jenis genre dapat Anda temui disana seperti wisata teknologi (taman pintar), wisata bersejarah (benteng vredenburg), wisata alam, hingga wisata religi banyak ditemui disana.

Wisata religi mungkin salah satu wisata yang jarang diketahui banyak orang, melihat wisata ini biasanya hanya difokuskan pada orang-orang yang memang suka wisata religi, seperti mengunjungi para wali dan segenap ziarah kubur yang ada.

5 Wisata Religi di Jogja

Jejak sejarah islam sebenarnya banyak dimiliki oleh kota Jogja, yang lokasinya dapat dikulik sebagai tempat wisata religi penuh arti. Cukup berbekal layanan sewa elf Jogja, Anda dapat memutari segenap wisata religi untuk menyegarkan hati dan menguatkan keimanan sembari berwisata menikmati keindahan pemandangan.

Bila Anda berani mengulik secara menyeluruh, aakan ada banyak sekali wisata religi di Jogja yang viewable dan instagramable. Berikut telah kami rangkum beberapa spot tempat wisatat religi yang menarik dan rekomended untuk dikunjungi. Simak hanya di artikel ini.

Jogja, kota sejuta wisata. Sumber: unsplash.com


1. Masjid Gedhe Kauman

Pertama pastinya Masjid Gedhe Kauman. Masjid yang juga bagian dari lingkungan Kraton Jogjakarta ini termasuk wisata religi di pusat kota. Di dalam lingkungan kraton Jogjakarta sebenarnya ada banyak wisata yang bisa dikunjungi seperti Taman Sari, Alun-alun Utara dan Selatan termasuk juga ialah Masjid Gedhe Kauman.

Sudah tak dapat dipungkiri lagi, Masjid Gedhe Kauman ialah sebuah ikon wisata religi yang ada di Jogja. Akan Anda banyak temui khazanah islam yang terkubur disini. Hal yang luarbiasa ialah masjid satu ini selalu terawat seperti bentuk pertama kalinya masjid ini ada. Padahal sudah empat puluh tahun lamanya masjid ini eksis, tepatnya tanggal 29 Mei 1773 M.

2. Makam Para Raja Imogiri

Menilik sejarah Jogjakarta, kerajaan Jogja pernah mengalami perubahan. Saat itu kerajaan yang berupa Kerajaan Hindu mulai beralih menjadi Kerajaan Mataram Islam. Salah satu peninggalan bersejarah Kerajaan Mataram Jogja ternyata ialah Imogiri. Pada saat itu para Sultan yang pernah menjadi pemimpin Kerajaan Mataram Jogja dibuatkan makam di tempat ini.

Hebatnya lingkungan pemakaman disini sangat dijaga kelestarian serta keindahan alamnya. Makam Imogiri menjadi salah satu wisata religius yang rekomended di Jogja, karena salah satunya aneka bangunan makam khas sarat budaya dan juga beberapa acara tradisional yang tidak jarang diadakan di lokasi.

3. Masjid Agung Kotagede

Berikutnya ialah Masjid Agung Kotagede. Saat ini apa yang ada dibenak Anda saat mendengar Kotagede Jogja? Mungkin terbesit suatu kerajinan perak di Jogja. Bila Anda ikuti sejarahnya, ternyata Kotagede lebih dari sekedar sentra kerajinan perak. Lebih dari itu, Kotagede dulu merupakan pusat Ibukota Jogja saat Kerajaan Mataram berkuasa.

Maka dari itu Kotagede sebenarnya mempunyai bangunan-bangunan ikonik yang amat khas, salah satunya Masjid Agung Kotagede. Di Masjid Gedhe Mataram ada beberapa bagian seperti masjid, halaman, pagar keliling, dan makam. Makam di Masjid Agung Kotagede bukanlah sembarang makam, hanya keluarga besar trah raja-raja Mataram Islam sajalah yang berhak untuk dimakamkan disini.

4. Makam Syekh Maulana Maghribi

Masjid dengan tibuan sejarah yang ada. Sumber: brilio.com



Wisata religi di Jogja berikutnya ada Makam Syekh Maulana Maghribi. Tempat ini termasuk tempat favorit ziarah yang cukup menarik. Tidak hanya dari segi religinya, dari segi keunikan dan daya tarik kekhasan bangunan ternyata sangat luarbiasa. Terlihat dari ratusan anak tangga yang musti dilewati untuk sampai menuju makamnya.

Usut punya usut, Syekh Maulana Maghribi merupakan termasuk orang-orang paling awal menyebarkan agama Islam di Jogja tercinta. Bahkan disebutkan sebelum walisongo hadir, beliau sudah mulai bergerilya dakwah mengajak kebaikan. Sebab itulah beliau selalu saja disegani dan dihormati dengan senantiasa menziarahi kuburnya.

Untuk mengunjungi Makam syeh Maulana Maghribi perlu adanya kekuatan mental dan fisik. Mengapa tidak, makam beliau berada di atas sebuah bukit di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. setidaknya ratusan anak tangga perlu ditaklukkan guna mencapai puncak. Dan makam beliau tepat berada di puncak. Anda perlu menyiapkan makanan kemasan kardus yang mudah dibawa sebagai bekal perjalanan panjang.

Akhir kata, itulah beberapa wisata religi di Jogja yang dapat menjadi pilihan Anda bila ingin berwisata sekaligus menambah kedekatan spiritual dengan Sang Maha Kuasa. Anda juga dapat membaca artikel kami lainnya tentang – dan ---. Semoga liburan Anda menyenangkan, sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Menelaah Tiap Jengkal Wisata Religi di Jogja"