Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Press Release, Strategi Marketing Super Ampuh

Pemasaran menjadi salah satu ujung tombak suatu produk dapat laris di pasaran. Meski suatu produk baik barang maupun jasa mempunyai manfaat yang amat besar, namun apabila dikemas dengan pemasaran yang tidak tepat maka produk tersebut tidak bisa laku secara optimal. Maka dari itu perlu juga memilih strategi pemasaran yang sesuai, press release misalnya.

Mengenal Press Release

Mungkin masih banyak diantara pembaca sekalian yang belum memahami secara utuh akan istilah press release. Dikutip dari HubSpot, press release merupakan suatu pengumuman bersifat resmi yang hendak disampaikan oleh sebuah organisasi/perusahaan kepada media akan suatu hal.

Bila menilik dari namanya sebenarnya sudah dapat tertebak, siaran pers. Maknanya memang sebuah pengumuman resmi dari suatu perusahaan bisnis atau organisasi tertentu mengenai suatu hal, biasanya sebuah produk baru. Nantinya siaran ini akan dikirim ke berbagai pers, jurnalis serta para reporter.

Siaran pers, cara ampuh memasarkan produk. Sumber: https://retizen.republika.co.id

Ada beberapa tujuan mengapa suatu press release diadakan. Diantaranya ialah guna mengumumkan informasi tertentu yang dirasa penting, untuk memberitahukan kebijakan baru, dan untuk mengenalkan suatu produk baru kepada khalayak ramai selalui perantara pers. Tidak hanya itu, press release bisa menjadi umpan agar diliput media internasional.

Boleh dibilang press release ialah suatu senjata yang cukup efektif guna mendongkrak pemasaran sebuah perusahaan bisnis. Di era serba teknologi ini press release mengalami cukup banyak pertumbuhan. Bila dulu yang menerima press release hanya jurnalis dari press dan media, saat ini hampir seluruh orang dapat mengakses informasi tersebut dengan sangat mudah. Maka ini sangat memudahkan para calon konsumen untuk dapat mengetahui berbagai informasi mengenai suatu produk yang hendak dibelinya.

Haruskah Suatu Bisnis Mengeluarkan Press Release?

Jawabannya tidak harus. Karena suatu perusahaan akan masih bisa bertahan tanpa mengadaka siaran pers. Hanya saja perlu diketahui bersama, press release merupakan suatu tools atau alat yang sangat efektif guna membantu menarik perhatian media, konsumen dan juga para khalayak ramai.

Saat suatu perusahaan mengadakan siaran pers, secara otomatis media massa seperti televisi, koran, surat kabar akan menyampaikan beritanya. Maka bisa dibilang siaran pers memiliki dampak serta pengaruh publik yang tidak bisa diremehkan. Dan sebagai tambahan, sekarang tidak ada suatu tools yang lebih efektif dan efisien guna memberitahukan kepada banyak orang akan suatu produk baru selain cara ini.

Apabila bisnis Anda menginginkan adanya press release namun belum sanggup membuatknya dikarenakan belum ada SDM yang memadai, maka Anda jangan khawatir. Saat ini mulai berjamuran jasa press release yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan kesesuaian dengan produk Anda.

Waktu yang Tepat Mengadakan Siaran Pers

Boleh dibilang press release ialah suatu hal yang amat sakral dan resmi, membawa nama satu perusahaan. Karena itulah tidak bisa diadakan dengan sesuka hati. Perlu ada tata caranya, ada aturan mainnya. Berikut ada beberapa kasus yang membolehkan dibuatkannya siaran pers.

1.    Disaat suatu perusahaan bisnis mempunyai suatu acara atau event yang penting

2.    Disaat suatu perusahaan bisnis mengumumkan penghargaan yang telah dimenangan baik oleh individu maupun kelompok tertentu

3.    Bersamaan dengan acara guna mengumumkan pencapain sebuah penelitian baru

4.    Ketika ada event peluncuran produk serta layanan baru

Optimalkan Press Release Sebagai Strategi Marketing

Mengoptimalkan press release sebagai tombak pemasaran produk. Sumber: https://www.wallpaperflare.com/

Press release sudah menjadi suatu tools andalan untuk melakukan pemasaran sebuah produk. Agar suatu press press release dapat dilakukan dengan optimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan seksama. Berikut telah kami raangkum secara komprehensif dibawah ini. Semoga bermanfaat.

1. Saat dibuatnya press release, cobalah untuk memberikan informasi yang penting dan menarik. Ketika Anda sudah memahami informasi yang penting dan menarik, Anda akan lebih mudah untuk mengarahkan dan mengajak publik untuk mengyimak acara tersebut.

Mengenai konten yang dibuat, cobalah untuk tidak basa-basi alais langsung ke intinya, dengan kontak dan kata yang terbatas. Pada bagian awal Press Release, cobalah untuk senantiasa menyertakan informasi kontak, kemudian judul, hari bulan tahun dan tidak lupa juga menyertakan konten utama.

Anda bisa mencoba dengan mengawalinya menggunakan pesan yang cukup kuat, harapannya akan dapat menarik banyak orang untuk terus mengikuti press release yang Anda buat.

2. Cobalah untuk memberikan informasi dengan beragam pengemasan. Hal ini agar nantinya konten atau isi pesan yang akan disampaikan mudah tercerna oleh setiap orang yang mendengarnya. Beberapa format yang mendukung yang dapat digunakan diantaranya ialah gambar, video, dan juga desain grafis.

Perlu diperhatikan isi pesan saat siaran pers. Sumber: https://www.akudigital.com


3. Usahakan untuk menyampaikan informasi yang berbobot. Anda tidak perlu mengutarakan seluruh informasi dari awal hingga akhir. Cobalah untuk pandai selektif dalam memilih pesan yang ingin disampaikan. Hal ini membuat para pendengar kesulitan untuk mengetahui sebenarnya apa yang ingin disampaikan perusahaan.

Disaat menerbitkan press release, Anda perlu memperhatikan serta melakukan pertimbangan dengansangat matang akan pilihan topic yang akan diangkat. Singkat, berbobot dan menarik ialah hal-hal yang perlu Anda fokuskan dalam membuat pres release.

Namun perlu Anda ingat kembali bahwa menarik disini ialah yang menarik dimata masyarakat, yang dapat membuat perhatian masyarakat tertuju kepadanya. Karena itulah penting bagi Anda untuk menempatkan diri sebagai posisi penerima. Hal ini sangat berguna, karena Anda dapat mencoba memahami sebenarnya apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh mereka.

Akhir kata, press release merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif dan efisien di zaman era serba digital ini. Saking masifnya perkembangan teknologi saat ini, perusahaan Anda bisa memiliki aplikasi sendiri, yang nantinya memudahkan karyawannya. Anda cukup datang ke jasa pembuatan aplikasi maka sudah bisa memiliki aplikasi.

 

Anda bisa juga membaca artikel kami lainnya tentang wisata religi dan pasar pakaian. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Mengenal Press Release, Strategi Marketing Super Ampuh"