Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Tempat Pasar Pakaian yang Paling Populer di Indonesia

Pengertian pasar adalah sebuah tempat yang digunakan bertemunya penjual dan pembeli untuk untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Salah satu dari fungsi pasar yaitu sebagai sarana distribusi dengan alasan, karena akan dapat memperlancar proses penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. 

Dengan adanya pasar, pihak produsen akan dapat memiliki hubungan yang baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya kepada pihak konsumen. Dan pasar dapat dikatakan jika kegiatan distribusi barang dan jasa dari produsen ke konsumen berjalan lancar. Sebaliknya, pasar dikatakan tidak berfungsi baik jika kegiatan distribusi seringkali macet atau tidak lancar.

Beberapa Tempat Pasar Pakaian yang Paling Populer di Indonesia

Tentunya banyak pasar yang didirikan di setiap daerah Indonesia. Mulai dari pasar tradisional hingga modern seperti mall, swalayan, supermarket, dan lain sejenisnya. Namun di setiap daerah memiliki pasar yang terbilang populer dan banyak pengunjungnya. Nah, berikut ini akan dipaparkan beberapa tempat pasar pakaian yang paling populer di Indonesia, diantaranya:

1. Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang ini beralamat di Jalan KH Mas Mansyur No. 6, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Pasar ini memang sudah lama berdiri yaitu sejak tahun 1735 dan banyak dikenal di berbagai penjuru negeri sebagai tempat berbelanja pakaian paling lengkap dan murah.

Pasar pakaian Tanah Abang, sumber: www.economiczone.id
Pasar pakaian Tanah Abang, sumber: www.economiczone.id

 Dengan seiring berjalannya waktu, banyak pula perubahan di pasar tersebut. Mulai dari perubahan fasilitas dan bangunan pasar yang dibantu oleh perusahaan konstruksi di Jakarta. Di pasar ini anda bisa membeli berbagai produk barang seperti pakaian, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi produk lainnya.

2. Pasar Baru Jakarta

Pasar Baru adalah pasar pakaian yang juga populer di Jakarta. Untuk alamat Pasar Baru ini berada di Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Pasar Baru bisa disebut juga pasar tradisional tertua di Jakarta yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda. 

Disini juga banyak menyediakan berbagai toko seperti toko pakaian, tas kulit, aksesoris, dan lain-lain. Pasar ini tentu tidak hanya digunakan sebagai tempat berbelanja saja melainkan bisa dijadikan tempat alternatif untuk wisata dengan melihat arsitektur bangunan Pasar Baru Jakarta.

3. Pasar Cimol Gedebage

Pasar Cimol Gedebage merupakan kepanjangan dari Cibadak Mall. Pasar yang populer dengan menjual pakaian bekas yang masih memiliki kualitas bagus dan harganya pun lebih murah. Pasar ini beralamat di Jalan Pamekar Raya No. 114, Mekar Mulya, Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Pasar Cimol Gadebage, sumber: www.merdeka.com
Pasar Cimol Gadebage, sumber: www.merdeka.com

Di kawasan pasar ini banyak menawarkan berbagai macam produk fashion bekas seperti baju, celana, kemeja, jaket, dan lain-lain. Bahkan produk pakaian yang ada di pasar ini ada yang impor dari luar negeri.

4. Pasar Baru Trade Center

Pusat perbelanjaan pakaian Pasar Baru Trade Center terletak di pusat Kota Bandung, yang lebih tepatnya di Jalan Otto Iskandardinata No. 70, Kebon Jeruk, Andir, Bandung, Jawa Barat dan lokasinya berdekatan dengan Masjid Agung Bandung. 

Pasar ini menjadi salah satu pusat belanja grosiran yang populer di Bandung dan banyak menawarkan berbagai macam produk pakaian dan bahan kain. Di pasar ini pengunjung dapat membeli barang secara eceran atau grosir.

5. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah pasar pakaian yang tertua dengan memiliki nilai historis dan tidak terpisahkan dari Kraton Yogyakarta. Lokasi pasar ini tidak jauh dari Malioboro yang berada di Jalan Margomulyo No. 16, Ngupasan, Kec. Gondoman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pasar Bringharjo Jogja, sumber: joss.co.id
Pasar Bringharjo Jogja, sumber: joss.co.id

Pasar ini juga menjadi simbol Jogja dan rujukan para wisatawan untuk berbelanja pakaian. Pasar Beringharjo tidak hanya menjual pakaian saja, di pasar ini pengunjung dapat membeli batik, jajanan pasar, bahan dasar jamu tradisional, sembako, dan lain-lain.

6. Pasar Klithikan Pakuncen

Pasar pakaian Jogja in berada di Jalan HOS. Cokroaminoto No. 34, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasar yang banyak dikenal sebagai pasar barang bekas Jogja, tetapi ada juga beberapa yang menjual barang baru. 

Untuk barang yang dijual tentu banyak jenisnya mulai dari pakaian preloved, alat rumah tangga, onderdel motor, dan lain sebagainya. Pengunjung dapat memilih barang sesuai selera dan harganya cukup bersahabat untuk semua kalangan. Namun yang harus diperhatikan saat membeli barang, jangan lupa menawar untuk mendapatkan harga yang terbaik.

7. Pasar Darmo Trade Center

Pasar ini beralamat di Jalan Stasiun Wonokromo, Kel. Jagir, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Pasar Darmo Trade Center merupakan salah satu pusat tempat berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasar dan Mall Surabaya, sumber: dtcwonokromo.com
Pasar dan Mall Surabaya, sumber: dtcwonokromo.com

Kawasan pasar ini sangat luas dan banyak dikunjungi oleh wisatawan maupun warga lokal. Di pasar ini terdapat juga banyak penjual kebutuhan sehari-hari dan yang terkenal dari pasar ini adalah pusat penjualan grosir baju distro dengan harga miring.

8. Pasar Turi

Pasar Turi merupakan pasar yang sangat populer di Jawa Timur dan lokasinya pun tidak jauh dari Tugu Pahlawan. Lebih tepatnya Pasar Turi berada di Jalan Tembaan No. 8, Gundih, Kec. Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Banyak produk barang yang dapat dibeli pada Pasar Turi ini mulai dari produk pakaian, boneka, hingga berbagai macam peralatan rumah tangga. Pasar Turi menawarkan pembelian produk barang secara eceran maupun grosir.

Demikianlah artikel yang membahas beberapa tempat pasar pakaian yang paling populer di Indonesia. Mungkin masih banyak lagi pasar-pasar yang berdiri di setiap daerah Indonesia dan menjadi rujukan bagi wisatawan maupun warga lokal untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Posting Komentar untuk "7+ Tempat Pasar Pakaian yang Paling Populer di Indonesia"