Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Dan Jenis Seragam Kerja

Seragam kerja merupakan pakaian standar yang umumnya digunakan oleh anggota suatu institusi, organisasi ataupun perusahaan, ketika sedang dalam jam-jam operasi kerja atau pun jam partisipasi. Tentu penggunaan seragam oleh anggota memiliki tujuan tertentu baik bagi anggota, lingkungan, juga bagi institusi itu sendiri.

Sebaliknya, sebuah perusahaan, organisasi ataupun institusi tertentu yang mana anggotanya tidak dibekali dengan suatu tanda tertentu dalam hal ini seragam untuk bisa saling mengenali satu sama lain, maka akan muncul banyak kesulitan khususnya dalam hal komunikasi. Sebab, salah satu fungsi seragam adalah sebagai penanda.

Selain kegunaan, seragam sendiri memiliki beberapa jenis sebagai bagian dari pengembangan seragam hingga saat ini. Hanya saja seragm dalam hal ini lebih menjurus pada seragam kerja. Oleh karena itu akan kita bahas lebih lanjut pada ulasan berikut seputar fungsi sampai dengan jenis-jenis seragam yang perlu untuk Anda ketahui.

Apa saja Fungsi Seragam Kerja?

Ada beberapa fungsi penting pada penggunaan seragam yang agaknya sampai hari inipun masih belum bisa tergantikan dengan sarana lain. Oleh karena itu sebelum mengetahui jenis-jenis daripada seragam, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui beberapa fungsi penting dari seragam itu sendiri.

Pentingnya seragam kerja. Sumber : istockphoto.com
Pentingnya seragam kerja. Sumber : istockphoto.com

1. Seragam Kerja sebagai Identitas Institusi

Setiap institusi tentu memiliki tujuan dan ciri tersendiri yang membuatnya berbeda dengan institusi-institusi serupa. Ciri khusus sebagai identitas perusahaan inilah yang sedikit banyak terwakili dengan adanya penggunaan seragam para diri anggota institusi. Dengan begitu, penguna seragam lebih mudah untuk dikenali hanya dari seragamnya.

2. Meningkatkan Motivasi Kerja

Manusia memiliki kecenderungan pada simbol-simbol tertentu sebagai penanda identitas dirinya. Dalam hal institusi, para anggota, atau sebut saja pekerja dan karyawan akan merasa sangat termotivasi ketika menggunakan seragam sebuah institusi di mana ia mengabdikan potensinya. Dengan adanya tambahan motivasi lebih, karyawan akan lebih terpacu dan semangat.

Jadi, untuk meningkatkan semangat kerja, penggunaan seragam yang layak juga cukup efektif sebagaimana pemberian berbagai souvenir perusahaan eksklusif untuk mengapresiasi para pekerja.

3. Memberi Kesan Professional

Fungsi penting lainnya adalah memberikan kesan profesional bagi masyarakat atau lingkungan secara lebih umum. Ambil contoh seraga PNS, guru, tentara, sampai dengan perusahaan-perusahaan resmi pemerintahan. Image yang muncul dari penggunaan seragam sangat positif. Akan lain halnya jika petugas resmi misalnya, bertugas tanpa seragam maka kesan yang muncul adalah keraguan di mata masyarakat.

4. Seragam Kerja sebagi Pelindung

Fungsi penting yang ke empat tentu saja sebagai sarana pelindung bagi pengguna. Mulai dari pelindung panas, sampai dengan pelindung dari resiko-resiko berbahaya seperti api dan sebagainya. Fungsi ini menjadi sangat menonjol dalam lingkungan kerja pertambangan, kelistrikan, dan sejenis dengan itu.

Seragam kerja sebagai pelindung. Sumber : unsplash.com
Seragam kerja sebagai pelindung. Sumber : unsplash.com

Fungsi pelindung ini penting dalam melindungi kulit dari luar sebagaimana pentingnya perlindungan kuliat yang banyak diproduksi oleh sejumlah bisnis produk kecantikan.

Jenis-Jenis Seragam Kerja

Ada beberapa jenis seragam yang penting untuk Anda ketahui. Sebab, seragam dalam perkembangannya memang tidak hanya ada satu atau dua jenis, tapi lebih daripada itu. Hanya saja, pada ulasan kali ini akan diulas beberapa di antaranya.

1. Seragam Kerja Lapangan

Jenis seragam yang umumnya digunakan untuk pekerjaan lapangan adalah seragam dengan jenis kemeja. Dengan mempertimbangkan bahwa pekerjaan lapangan selalu lekat dengan berbagai macam peralatan kerja, maka tidk heran jika banyak kita jumpai sebagian besar seragam kerja kemeja dibuat dari bahan-bahan yang kuat agar tidak mudah sobek.

Bahan dasar seragam kemeja lapangan mulai dari bahan drill berkualitas inggi, bahan jeans, bahan kanvas ataupun bahan lain yang bertekstur mirip atau memenuhi kriteria yang sama kuatnya. Selain itu, faktor kerapatan jahitan juga sangat diperhitungkan untuk menjaga tingkat keamanan seragam kemeja.

2. Jaket Kerja

Selain kemeja, ada juga jenis seragam Jaket lapangan. Meski dalam bentuk jaket, tingkat kekuatan, kenyamanan dan juga keamanan tetap menjadi faktor-faktor penting yang musti ada pada seragam jaket. Sebab, selain harus kuat, jaket kerja juga harus dibuat dengan spesifikasi tahan cuaca.

Jaket kerja. Sumber : unsplash.com
Jaket kerja. Sumber : unsplash.com

Jaket kerja lapangan diproduksi dari material anti air ataupun water repellant, terlebih untuk jenis pekerjaan yang bersinggungan langsung dengan air, minyak dan sejenisnya sejenisnya. Sedangkan untuk desain, jaket kerja lapangan dibuat berkantung banyak agar nantinya bisa berfungsi maksimal dalam mengantongi berbagai peralatan dan kebutuhan kerja.

3. Rompi Safety

Jenis seragam kerja berikutnya ada rompi safety, Rompi kerja ini merupakan salah satu Alat Pelindung diri (APD) yang umumnya dibuat dari bahan polyester dan dirancang khusus dengan kelengkapan reflector atau pemantul cahaya. Rompi kerja jenis ini banyak digunakan oleh para pekerja seperti polisi, pekerja tambang, operator kendaraan, dan sejenisnya.

4. Wearpack

Dan jenis seragam kerja yang terakhir ada wearpack yang didesain dengan memadukan atasan dan juga bagian bawahan secara langsung. Biasanya, seragam lapangan ini digunakan oleh para pekerja yang beroperasi di industri pertambangan, perminyakan, hingga teknik konstruksi alat berat, dan yang semisal dengan itu.

Sebagaimana seragam lapangan pada umumnya, wearpack juga dibuat dengan bahan dan material yang kuat seperti denim/jeans dan kain drill dari berbagai macam jenisnya.

Demikian itulah beberapa fungsi penting dari keberadaan sebuah seragam bagi para pekerja, juga beberapa jenis seragam yang banyak digunakan di berbagai instansi dan perusahaan. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda seputar seragam kerja. Jangan lupa share dan nantikan ulasan menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Dan Jenis Seragam Kerja"