Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Inspirasi Rumah Cantik untuk Keluarga Islami

Memiliki keluarga dan rumah dengan nuansa Islami adalah impian setiap muslim. Apalagi rumah yang dimiliki terlihat cantik serta nyaman ditempati. Ditambah saat ini banyak inspirasi rumah cantik tersebar di media informasi online, yang pastinya membuat banyak orang semakin tertarik untuk mewujudkannya.

Termasuk juga Anda bukan?

Nah! Sebagai seorang muslim, tentunya kita paham bahwa memiliki rumah tidak hanya dilihat dari unsur penampilannya saja. Melainkan sesuai dengan tuntunan dalam ajaran Islam yang mulia. Lalu seperti apa rumah cantik yang sesuai dengan karakter keluarga muslim dan selaras dengan ajaran Islam? 

Berikut Inspirasi Rumah Cantik

Inspirasi rumah cantik, foto: unsplash.com
Inspirasi rumah cantik, foto: unsplash.com

Di bawah ini akan coba kami sampaikan beberapa ulasan mengenai inspirasi rumah cantik yang sesuai dengan karakter keluarga muslim. Melalui ulasan berikut ini, semoga dapat menginspirasi Anda dan keluarga muslim lainnya dalam mewujudkan rumah cantik dan nyaman ditempati.

1. Hindari Aksesoris Rumah dengan Gambar Makhluk Bernyawa

Sebagian ulama berpendapat bahwasanya menggambar bentuk yang menyerupai makhluk bernyawa tidak dibolehkan dalam ajaran Islam. Dan kami sepaham dengan pendapat seperti itu. Maka alangkah baiknya meninggalkan kebiasaan yang suka mengkoleksi gambar/lukisan makhluk bernyawa di rumah.

Jangan khawatir, Anda bisa menggantinya dengan gambar/lukisan bermitif abstrak dan geometris atau motif lainnya yang selaras dengan unsur Islami. Atau lebih bagusnya mengganti dengan gambar/lukisan kaligrafi yang indah. Anda pun dapat menempatkannya pada kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur rumah dan lainnya.

2. Vas Bunga atau Gucci Sebagai Hiasan Rumah

Inspirasi rumah cantik lainnya adalah dengan menambahkan vas bunga atau gucci antik bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda. Selain mempercantik rumah juga akan meminimalisir Anda untuk memilih patung makhluk bernyawa sebagai hiasan rumah.

Inspirasi rumah cantik vas bunga atau guci, foto: unsplash.com
Inspirasi rumah cantik vas bunga atau guci, foto: unsplash.com

Yang mana sudah kita tahu, bahwa selain menggambar makhluk bernyawa membentuk atau membuat patung yang menyerupai makhluk bernyawa juga tidak dibolehkan dalam ajaran Islam. Maka ini patut Anda perhatikan dengan serius.

3. Karpet Turki Bisa Menjadi Salah Satu Pilihan

Inspirasi rumah cantik yang satu ini juga bisa diterapkan pada rumah Anda. Dengan menambagkan karpet di setiap ruangnya akan mempercantik tampilan rumah Anda, terutama ruang shalat, kamar tidur, ruang tamu dan keluarga.

Supaya unsur Islami pada rumah Anda lebih hidup, maka disarankan untuk memilih karpet dengan motif dan warna yang tepat. Misalnya saja Anda bisa memilih karpet Turki sebagai salah satu pilihan utama.

4. Tanaman Hias Mempercantik Ruangan Rumah

Menambahkan berbagai jenis tanaman hias indoor menjadi salah satu pilihan inspirasi rumah cantik yang dapat Anda terapkan di rumah. Dengan menambahkannya akan membuat ruangan rumah Anda tampak lebih cantik dan terlihat alami.

Inspirasi rumah cantik tanaman hias, foto: unsplash.com
Inspirasi rumah cantik tanaman hias, foto: unsplash.com

Dan yang tak kalah pentingnya, juga akan membuat suasana rumah menjadi asri, sejuk dan menyegarkan. Agar manfaat dari adanya tanaman ini lebih maksimal, maka Anda juga bisa menambahkannya pada setiap sudut rumah atau teras rumah.

5. Hindari Penggunaan Kaca Rumah Transparan

Patut diingat, dalam ajaran Islam aurat wanita adalah kehormatan yang harus dijaga. Dan sebagai kepala keluarga bertanggung jawab penuh untuk menjaga aurat dari istri-istri dan anak-anak perempuannya. Maka dari itu, memilih jenis kaca rumah yang ingin digunakan merupakan point penting dan tidak boleh terlewatkan.

Hindari menggunaan kaca rumah yang transparan agar tidak memperlihatkan aurat istri dan anak perempuan Anda ketika di dalam rumah. Selain itu, dengan menggunakan kaca rumah tidak transparan juga akan memberikan kenyamanan bagi istri dan anak perempuan Anda ketika menjalani aktivitas di dalam rumah.

6. Hindari Wallpaper Berkarakter

Menggunakan wallpaper dinding merupakan salah satu inspirasi rumah cantik lainnya yang bisa Anda terapkan sebagai pengganti cat. Namun, saran dari kami hindari penggunaan wallpaper yang memiliki motif gambar makhluk bernyawa. Seperti apa yang kami jelaskan pada penjelasan sebelumnya.

7. Taman Rumah Cantik

Inspirasi rumah cantik taman halaman luas, foto: unsplash.com
Inspirasi rumah cantik taman halaman luas, foto: unsplash.com

Inspirasi rumah cantik yang satu ini juga layak untuk diterapkan pada rumah Anda. Dengan menghadirkan taman akan membuat rumah tampak cantik dan asri. Suasana rumah pun akan lebih sejuk menyegarkan. Dan yang tak kalah pentingnya, taman akan membantu memperlancar sirkulasi udara bersih pada rumah Anda.

Anda dapat menerapkan berbagai konsep taman pilihan sesuai yang diinginkan. Anda pun bisa menerapkannya pada halamn rumah ataupun di dalam rumah. Sedangkan untuk pembuatannya, Anda bisa mempercayakan kepada jasa taman Jogja berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Terutama bagi Anda yang tinggal di Jogja dan sekitarnya.

Inilah beberapa inspirasi rumah cantik yang sesuai dengan karakter keluarga muslim dan selaras dengan ajaran Islam. Jika Anda memiliki informasi seputar inspirasi rumah cantik lainnya, yang sesuai dengan karakter keluarga muslim. Maka Anda bisa membagikannya pada kolom komentar di bawah.

Demikianlah artikel ini kami susun, semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi bagi Anda. Anda pun kami bolehkan share artikel ini sebagai langkah berbagi kebaikan antar sesama. Serta jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya dari kami. Sekian dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "7 Inspirasi Rumah Cantik untuk Keluarga Islami"

Berlangganan via Email