Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Kain Untuk Membuat Kemeja Yang Harus Anda Ketahui!

Jenis kain untuk kemeja - Banyak orang ingin tampil dengan percaya diri di depan orang banyak, akan tetapi tidak tahu bagaimana cara agar kelihatan keren, kece, dan tampil dengan mempesona di depan orang atau setidaknya membuat orang lain berkesan dengan kita. Salah satu yang menunjang agar penampilan kita keren yaitu memilih kemeja apa yang bagus untuk dipakai. 

Mungkin anda adalah seorang yang ingin mencari pekerjaan, anda pun diundang oleh perusahaan untuk mengikuti tes wawancara. Hal pertama yang dinilai oleh pihak perusahaan adalah penampilan, apalagi pekerja kantoran. Oleh karena demikian, kemeja sangat mempengaruhi kita didepan mata orang. Maka dari itu pilihlah kemeja yang terbaik untuk anda pakai.

Ingat juga, jangan membeli kemeja asal-asalan karena harganya murah. Anda perlu memperhatikan kualitas kemeja tersebut agar nyaman dipakai. Untuk cuaca panas, lebih baik memilih kemeja dengan bahan  katun yang sifatnya menyerap keringat dan teksturnya halus. Sedangkan pada saat cuaca dingin, kenakanlah kemeja bahan flanel yang umumnya terbuat dari benang wol sehingga memiliki tekstur yang cukup tebal dan bersifat menghangatkan badan.

Ada banyak sekali para penjual kemeja dengan berbagai jenis kain yang berkualitas tinggi, yang dapat kita temukan di berbagai tokoh yang tersebar di Indonesia termasuk jasa konveksi Jakarta. Jangan terburu-buru memilih pastikan kemeja itu ukurannya pas dengan anda, juga bahan dari baju itu harus dipastikan. Jangan sampai ketika sudah dibeli dan dipakai, baru beberapa hari dipakai kemejanya rusak.

Baca Juga: Tips Jualan Online Tampa Melalui Marketplace

Ilustrasi gambar kemeja, sumber: pusatkonveksi.com


Jenis kain untuk pembuatan kemeja

Agar kita lebih mengetahui banyak tentang kemeja, alangkah lebih baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kain yang digunakan untuk membuat kemeja. Diantara jenis kainnya antara lain sebagai berikut:

1. Kain katun

Gambar kain katun, sumber: konveksihasan.com


Tentu jenis kain katuk ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat luas. Kain katun merupakan jenis bahan kain yang diperoleh dari hasil pengolahan tanaman buah kapas. Umumnya kain yang dibuat dari bahan katun memiliki ciri khas, kain yang begitu lembut, dapat menghangatkan badan di kala musim dingin dan dapat membuat badan lebih sejuk di kala musim panas. 

Inilah yang menjadikan sehingga kemudian kain katun menjadi pilihan untuk membuat kemeja karena tekstur kainnya yang bagus. Kain katun sendiri ada banyak variasinya tinggal anda pandai-pandai memilih bahan katun yang mana saja yang menurut anda nyaman.

Bagi yang memakai kemeja yang terbuat dari kain katun ini, menjadi orang kelihatan keren, lebih elegan, dan kelihatan percaya diri. Karena nyaman sekali ketika dipakai dan indah juga dilihat oleh orang lain.

2. Kain flanel

Gambar kemeja dari kain flanel, sumber: indonesian.alibaba.com


Kain flanel adalah salah satu jenis kain untuk membuat kemeja, kemeja yang dari kain ini juga menjadi favorit para anak muda hingga sekarang baik laki-laki maupun perempuan. Namun sebelum membeli kemeja kain flanel ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

Kain flanel ini karakternya kelihatan lebih tebal, motifnya tampak lebih natural dan cocok buat gaya tertentu. Kemeja flanel dapat dipakai pada acara semi formal misalnya pada acara ulang tahun teman. Karena kainnya tebal sangat bagus sekali digunakan pada cuaca dingin, di Indonesia misalnya yang tinggal di daerah yang memiliki hawa dingin seperti daerah pegunungan atau pada musim hujan. Pada kondisi inilah yang membuat kita terasa nyaman memakai kemeja kain flanel.

Kekurangan, perhatikan dalam perawatan kain ini, ketika dalam perawatan harus dilakukan secara khusus, jangan disikat dan direndam terlalu lama pakai deterjen. Hal ini untuk menjaga jangan sampai serat wolnya rusak.

3. Kain oxford

Gambar kain oxford, sumber: mpxtc.com


Kain oxford adalah sejenis kain yang terbuat dari katun dengan sedikit campuran dengan tetoron. Secara umum, kain ini dapat dikategorikan kedalam jenis tekstil yang dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam titik-titik.

Kain oxford cukup nyaman dipakai, tidak panas dan cukup kuat. Bagi anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam hal berpakaian maka anda bisa memilih kemeja yang berbahan oxford, juga sangat menarik dari segi dari segi penampilan. Memakai kemeja dari kain yang terbaik, jelas akan lebih tahan lama karena kualitas yang terdapat pada kain.

4. Kain denim

Kain denim merupakan salah satu jenis kain yang digunakan untuk membuat kemeja. Kian ini proses pembuatannya dengan cara ditenun memakai serat katun berwarna biru. Serat katun yang berwarna biru tersebut adalah untuk jenis pakan, sedangkan janis lungsi menggunakan jenis yang berwarna putih.

Kain denim memiliki beberapa kelebihan didalamnya, berbagai kelebihan yang beragam inilah yang membuat kain denim diminati oleh banyak orang. diantara kelebihannya: Bahannya kuat dan tahan lama; Nyaman saat dikenakan;Tampak elegan saat dipakai; dan tidak mudah sobek. Karakter kain semacam ini merupakan favorit setiap orang.

5. kain Acrylic

Kain dan garmen dari bahan acrylic memiliki karakteristik yang lembut dan ringan sehingga lebih mudah kering jika dibandingkan dengan serat sintetik lainya. Kain ini juga dapat menahan panas pada tubuh tanpa meninggalkan rasa gatal di kulit. Perlu juga di ingat baju berjamur itu karena di simpat di tempat yang lembap, oleh karena demikian hindarilah menyimpan pakaian pada tempat yang lembap.

Dalam merawat kain acrylic dapat dilakukan pencucian dengan sabun biasa maupun deterjen. Kain acrylic dikenal dengan tahan terhadap pencucian kimia dry cleaning dan pelarut organic lainnya, namun sangat peka terhadap teriknya matahari. Bagi anda yang menggunakan kain ini jangan terlalu panas ketika setrika , cukup setrika hangat. Apabila terlalu panas kain Acrylic ini akan cepat hangus dan terbakar.

Baca Juga: Kaos Distro Muslim

6.  Kain chambray

Jenis kain ini bisa digunakan untuk membuat kemeja, merupakan jenis kain yang memiliki karakteristik cukup unik karena tampilan fisiknya sekilas sangat mirip dengan bahan denim. Bahkan saking miripnya ketika ingin membeli, pembeli sangat sulit untuk membedakan keduanya kain tersebut.

Jadi meskipun warna dan tampilan nya terlihat mirip kain denim, tetapi tekstur dan karakteristik bahan kain chambray tentu sangat jauh berbeda dengan denim. Sebah kain chambray akan terasa nyaman dan dingin saat dipakai, hal inilah yang membedakan kain chambray dengan kain denim.

Ituah beberapa kain yang digunakan untuk membuat kemeja, semoga dengan daftar kain diatas dapat mempermudah anda untuk memilih kain yang bagus dan cocok untuk menambah kece dan keren penampilan anda.

Posting Komentar untuk "6 Jenis Kain Untuk Membuat Kemeja Yang Harus Anda Ketahui!"

Berlangganan via Email