Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tips Memilih Lemari Pakaian yang Harus Diperhatikan

Lemari pakaian merupakan salah satu furniture penting untuk melengkapi interior rumah anda. Hingga saat ini lemari berbahan kayu masih sangat diminati banyak masyarakat, karena terbilang tahan lama dan desainnya yang variatif. 

Proses merawat lemari kayu sebenarnya juga tidak sulit asalkan anda melakukannya secara cermat. Apabila lemari kayu anda rusak tidak hanya membuat anda harus membeli lemari yang baru melainkan juga akan menyebabkan rentan merusak barang-barang yang anda simpan di dalam lemari tersebut.

Beberapa Tips Memilih Lemari Pakaian Yang Harus Diperhatikan

Menempati tempat tinggal atau rumah yang luas dan banyak ruangannya memang harus pintar dalam menatanya. Terutama pada ruangan kamar tidur. Hal ini membuat pemilik dalam menata perabot agar ruangan lebih rapi dan nyaman. Tetapi mendekor kamar tidur tidak sekedar membuat ruang menjadi lebih rapi dan nyaman. 

Penempatan sebuah lemari,Sumber: furniturejogja.com

Kamar tidur akan dapat memberikan ruang yang lebih luas dan tidak sesak. Ada dua hal penting yang harus diperhatikan yaitu tempat tidur dan lemari pakaian anda. Dua perabot ini bisa menjadi penentu apakah kamar tidur anda akan tampak lebih luas atau sebaliknya. Namun, dibandingkan dengan tempat tidur untuk lemari pakaian menjadi hal yang harus diperhatikan dalam penataannya. 

Sebab, lemari pakaian memiliki desain yang besar sehingga akan memakan banyak ruang untuk tempat tidur anda. Selanjutnya akan ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih lemari pakaian yang cocok untuk kamar tidur anda, di antaranya:

1. Memperhatikan Ukuran Ruangan

Sebelum anda membeli atau memesan lemari pakaian di Mebel Jogja, tentunya anda harus mengetahui seberapa besar ruang kosong yang ada di ruangan kamar tidur. Sebab, ukuran lemari pakaian dengan kapasitas kamar tidur harus pas. 

Hal ini diperlukan agar dengan adanya lemari anda tidak akan membuat kamar tidur anda menjadi sesak dan mengganggu aktivitas lalu lalang di ruangan tersebut. Pilihlah bentuk lemari yang ramping dan tinggi. Model seperti itu memang tampak sederhana, tetapi bisa menimbulkan kesan yang elegan, fungsional, dan menyatu dengan kamar tidur anda.

2. Menentukan Barang yang Anda Simpan

Banyaknya penghuni kamar juga berpengaruh terhadap pemilihan lemari pakaian. Memilih lemari pakaian untuk kamar tidur anda dapat dilakukan jika anda mengingat berapa banyak baju yang dimiliki. Jika kamar tidur ditempati oleh dua orang, maka anda dapat memilih lemari pakaian dengan sekat atau pintu yang terpisah. 

Barang yang disimpan, Sumber: ndiesign.com

Dengan adanya sekat akan memudahkan anda dalam mencari baju dan tidak akan bercampur dengan milik orang lain. Baju yang banyak juga akan membuat lemari pakaian anda penuh. Jadi pilihlah pakaian anda yang sering dipakai untuk dimasukkan ke lemari pakaian. Untuk sisanya, bisa anda simpan di keranjang atau wadah tertutup dan diletakkan di luar kamar tidur agar tidak membuat banyak barang.
Baca Juga: Jasa Interior Solo

3. Memilih Material yang Berkualitas

Agar lemari pakaian anda tahan lama, pilihlah lemari dengan material yang tepat yaitu dengan menggunakan bahan dasar kayu. Kayu adalah material yang banyak pilihannya. Pastikan kayu yang dipilih berkualitas. Kayu yang awet biasanya adalah kayu bersifat solid, misalnya dengan menggunakan bahan dasar kayu jati. 

Kayu jati ini kualitasnya bagus dan berwarna coklat gelap secara natural. Keunggulan dari kayu jati adalah bahannya yang sangat kuat. Selain itu, kayu jati lebih awet dan tahan terhadap perubahan cuaca sehingga tidak mudah lapuk dan kayu habis dimakan rayap. 

Akan tetapi kekurangan dari kayu jati adalah harganya yang cukup mahal. Selain kayu jati ada kayu yang tahan lama dan kuat yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan furniture atau Mebel Jogja antara lain kayu mahoni, sengon, ulin, dan beberapa jenis kayu lainnya.

4. Memperhatikan Fitur Lemari Pakaian

Lemari dengan fitur bagian dalam yang lengkap akan membuat barang-barang anda terorganisir dengan baik dan selalu rapi. Untuk itu pilihlah lemari pakaian yang dilengkapi dengan adanya fitur sekat penyimpanan, kemudian dikombinasikan dengan rak gantung dan ditambahnya banyak laci. 

Contoh fitur lemari pakaian, Sumber: fashionbajuatasan.blogspot.com

Dengan bentuk lemari seperti ini tempat penyimpanan anda pun akan mudah diatur dan apabila ingin mencari pakaian tidak akan membuang banyak waktu, karena sudah dipisahkan sesuai fungsi dan bentuknya masing-masing.

5. Memilih Warna yang Senada dengan Warna Ruangan

Lemari pakaian semakin ideal jika bisa menyatukan dengan konsep ruang kamar tidur anda yang dapat menambah keindahan. Oleh karena itu, pilihlah warna yang tepat. Jika ruang kamar tidur anda didominasi oleh warna tertentu, sebaiknya pilih lemari dengan warna yang sama agar tidak saling menabrak. 

Dan jika anda tidak bisa menemukan warna yang sama, maka anda dapat memilih warna netral sebagai alternatifnya, seperti warna hitam, putih, abu-abu, ataupun coklat. Warna-warna neral ini akan lebih mudah menyatu dengan warna lainnya.
Baca Juga: Inilah Rekomendasi Tempat Pembuatan Jaket Di Sleman

6. Menyesuaikan Anggaran Untuk Membeli Lemari Pakaian

Hal yang diperhatikan adalah soal harga barang yang anda akan beli. Yang menentukan keputusan dalam membeli lemari pakaian. Untuk itu, anda sebaiknya jauh-jauh hari anda sudah menyiapkan anggaran khusus untuk membeli lemari pakaian yang anda sukai dan sesuai dengan kamar tidur anda. Pilihlah lemari pakaian yang pas dengan budget anda yang juga memikirkan fungsi dari lemari pakaian itu sendiri daripada harga yang tidak sesuai dengan budget anda.

Itulah artikel yang dapat disampaikan dengan tema tips memilih lemari pakaian yang harus anda perhatikan. Pilihlah barang yang sesuai dengan kebutuhan anda dan akan membuat ruang kamar tidur anda lebih minimalis dan nyaman untuk ditempati. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu anda dalam memilih lemari pakaian yang berkualitas dan tahan lama.

Posting Komentar untuk " Beberapa Tips Memilih Lemari Pakaian yang Harus Diperhatikan"

Berlangganan via Email