Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Bahan Pembuatan Tali Lanyard yang Berkualitas

Tali lanyard adalah tali yang biasa digunakan untuk menggantungkan id card atau kartu tanda pengenal pada leher. Dan penggunaan tali lanyard banyak kita jumpai pada event-event besar seperti pameran, workshop, seminar, dan lain sebagainya. Tali lanyard biasa dimanfaatkan untuk menggantungkan kartu tanda pengenal seseorang, namun ternyata tali lanyard memiliki banyak fungsi dan manfaat lainnya.

Fungsi Lain dari Penggunaan Tali Lanyard

Berikut ini ada beberapa fungsi lain dari penggunaan tali lanyard sebagai id card, diantaranya:

1. Gantungan HP

Tali lanyard dapat digunakan sebagai gantungan sebuah hp. Karena dengan menggunakan tali lanyard akan lebih meminimalisir terjadinya hp jatuh saat dipegang. Hal ini juga akan membuat lebih praktis untuk membawanya jika sering digunakan.

2. Souvenir acara

Fungsi lain dari tali lanyard adalah sebagai souvenir acara. Sering dijumpai di event tertentu yang berbayar. Lanyard yang digunakan peserta dan panitia di branding pesan logo dan tulisan yang menunjukkan kegiatan tersebut. Walaupun acara tersebut telah selesai, tapi jika melihat lanyard bisa mengingatkan kembali tentang acara tersebut.

3. Media promosi perusahan

Tali lanyard sebagai media promosi perusahaan, sumber: ig @cetaklanyardmurah
Tali lanyard sebagai media promosi perusahaan, sumber: ig @cetaklanyardmurah

Tali lanyard juga dapat digunakan sebagai media promosi sebuah perusahaan. Dengan cara menyematkan logo dan tulisan pada tali lanyard. Banyak dijumpai di berbagai perusahaan multinasional seperti perusahaan bisnis produk kecantikan yang menggunakan cara ini. Jadi cara ini akan lebih meningkatkan eksistensi dari perusahaan dan banyak orang yang mengetahuinya.

Beberapa Jenis Bahan Pembuatan Tali Lanyard yang Berkualitas

Berbagai event atau profesi tertentu terkadang menggunakan id card yang digantungkan dengan menggunakan tali lanyard. Penggunaan id card ini akan lebih memberikan kemudahan dalam mengenal seseorang atau jabatan beserta posisinya. 

Dan biasanya untuk jenis-jenis bahan tali lanyard dibedakan berdasarkan bahan pembuatannya. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis tali lanyard yang memiliki kualitas bagus, diantaranya:

1. Polyester Kilap

Tali lanyard polyester kilap adalah salah satu jenis tali id card yang sering digunakan. Jenis tali ini juga mudah ditemukan dan biasa digunakan pada event-event tertentu. Untuk jenis tali ini dibuat dari bahan polyester yang dicampur dengan bahan filamen yang akan menghasilkan warna yang lebih terang.

Jenis tali lanyard, sumber: ig @cetaklanyardmurah
Jenis tali lanyard, sumber: ig @cetaklanyardmurah

Tekstur dari permukaan bahan tali polyester kilap juga lebih kuat dan padat. Jadi jenis tali lanyard polyester kilap ini kerap digunakan untuk pembuatan tali id card, karena bahannya mudah ditemukan dan bahan ini juga harganya lebih murah dibanding jenis tali lainnya. Dan anda bisa memesannya di cetak lanyard terdekat.

2. Polyester Nilon

Jenis tali lanyard dari polyester nilon ini juga sering digunakan oleh instansi pemerintah, panitia acara, identitas perusahaan, dan sebagainya. Untuk bahan ini memiliki permukaan yang kasar. Selain itu ikatan antar seratnya pun sangat kasat mata. 

Dari karakteristik permukaan bahan yang tidak halus, maka dalam pembuatannya lebih umum menggunakan teknik cetak sablon dan tidak menghasilkan warna yang full. Tetapi bahan ini memiliki kekuatan yang dapat menahan beban dan tahan lama.

3. Polyester Doff

Jenis polyester doff yang satu ini hampir mirip sama dengan jenis tali lanyard polyester kilap. Yang membedakan dari pembuatan tali lanyard kedua bahan ini adalah bahan polyester doff ini tidak dicampurkan dengan filamen atau bahan lainnya. Sehingga warna yang dihasilkan akan lebih gelap.

4. Lanyard Tissue

Tali lanyard tissue ini terbuat dari bahan kain tisu. Kain tisu ini bukan merupakan jenis kain yang terbuat dari tisu, melainkan tali yang sifatnya tipis mirip dengan tisu sungguhan. Walaupun bahannya tipis, jenis lanyard tissue ini memiliki tekstur yang padat dan permukaannya rata serta halus.

Jenis tali lanyard cetak printing, sumber: ig @cetaklanyardmurah
Jenis tali lanyard cetak printing, sumber: ig @cetaklanyardmurah

 Untuk bahan lanyard tissue memiliki warna dasar putih seperti halnya tisu. Dengan hal ini bahan tissue hanya bisa dicetak printing. Karena tidak cocok untuk dicetak sablon dan tali ini akan menjadi kurang menarik sebab warna yang ada hanya putih saja.

5. Lanyard Sarung (Tube)

Seperti namanya jenis tali lanyard sarung atau tube ini terbuat dari bahan polyester yang sangat kuat dan tahan lama. Dari tekstur jenis lanyard sarung memiliki permukaan yang tidak sepadat jenis tali sebelumnya dan lebih kasar dengan adanya bentuk sulaman membulat. 

Namun, tali jenis tali lanyard ini bahannya lemas dan tidak kaku. Dalam pembuatan tali lanyard bahan ini hanya bisa dicetak dengan menggunakan teknik sablon saja. Di sisi lain hasil dari pembuatan bahan tersebut tergolong lebih bagus.

6. Lanyard Reflektif

Tali lanyard reflektif ini biasa digunakan diberbagai event atau karyawan perusahaan saat bekerja. Jenis tali lanyard satu ini biasa disebut dengan tali scotlite yang merupakan tali khusus yang dapat memantulkan cahaya jika terkena lampu. Karena dalam pembuatannya sebagian benangnya terbuat dari benang reflektif.

7. Lanyard Kulit

Jenis tali lanyard ini terbuat dari bahan dasar kulit hewan seperti sapi, kerbau, dan sejenisnya. Tentunya dari bahan kulit ini memiliki harga yang mahal. Tetapi bahan ini memiliki kelebihan yang dapat bertahan lama dan awet, karena terbuat dari bahan kulit yang kuat dan asli. 

Agar dapat mempertahankan warna asli yang ditimbulkan, maka tali lanyard kulit sangat memerlukan perawatan yang baik. Salah satunya tali lanyard kulit jangan sampai terkena air atau zat yang dapat merusak permukaan kulit.

Itulah beberapa jenis tali lanyard yang sering digunakan oleh panitia, instansi pemerintahan, karyawan perusahaan, atau yang dapat kita temukan di berbagai event-event dan acara tertentu. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Posting Komentar untuk "7 Jenis Bahan Pembuatan Tali Lanyard yang Berkualitas"