Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Punya Merk Produk Fashion Sendiri Dan Ingin Brand Dikenal? Ini Cara Brandingnya!

Dunia fashion selalu mengalami perubahan yang dinamis. Terlebih arus perubahan tersebut didorong dengan tren yang sedang viral saat itu. Tren yang biasanya dibawa oleh para artis maupun para tokoh yang sedang diminati, semakin tinggi artis atau tokoh tersebut memberi pengaruh maka tren pada fashion pun akan semakin banyak yang menggunakan.

Contoh terdekat adalah kopiah yang sering dipakai oleh Ustadz Abdul Somad (UAS). Ataupun kopiah yang sering dipakai oleh Emha Ainun Najib atau yang lebih dikenal dengan Cak Nun. Fashion kopiah dari kedua tokoh tersebut adalah bagian fashion yang digunakan oleh banyak orang karena mereka mengidolakan tokoh tersebut.

Fenomena tersebut merupakan peluang bagi para pegiat fashion. Sehingga para pemilik produk fashion ternama seperti Elzatta ataupun Rabbani yang menggunakan momentum tersebut dengan baik. Baik dari model dan kualitas produk mereka sesuaikan dengan hal itu, termasuk dalam cetak kemasan pun juga tak mau ketinggalan.

Sebagai sesuatu yang bersifat dinamis dan mengikuti arus peradaban, tentunya produk fashion terus memiliki peluang bagi siapapun. Termasuk bagi anda yang ingin ataupun baru terjun dalam bisnis yang satu ini.

Peci Maiyah contoh fashion yang sedang tren, sumber : bangbangwetan.org


Tips Membangun Brand Merk Produk Fashion

Salah satu yang cukup sulit dalam mengikuti kompetisi dalam dunia fashion adalah bagaimana cara mengenalkan brand merk sendiri, terlebih jika merk tersebut terbilang baru. Dan berikut beberapa tips untuk membangun brand merk produk fashion kamu :

1. Kumpulkan Informasi Minat Pasar 

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam memulai membangun brand adalah melihat keinginan pasar. Semakin banyak anda mengumpulkan informasi berkaitan dengan hal ini, semakin baik kesimpulan yang akan anda dapatkan. Minat dan keinginan pasar membuat produk anda cepat dilihat mereka setelah dilaunching.

Branding yang memiliki produk kekinian merupakan langkah awal dalam pengenalan guna membangun dan mengokohkan brand tersebut. Jika mengeluarkan produk yang biasa saja dan tidak sedang tren membuat brand anda sulit untuk dilihat orang. Tren atau sesuatu yang viral pada masa modern saat ini begitu mudah untuk dikenal orang.

2. Tentukan Karakter Brand

Selanjutnya anda bisa menentukan sebuah karakter dari brand yang akan anda bangun. Jika berorientasi pada fashion muslim tentunya anda harus memiliki karakter khusus berkaitan hal ini. Misalkan dengan melihat kecondongan konsumen yang sedang mencintai dan menjadikan seorang tokoh menjadi panutan. Maka karakter yang ada pada tokoh tersebut bisa anda tiru sebagai brand anda.

Karakter ini akan memudahkan brand anda dikenal oleh konsumen. Jika hanya sekedar fashion muslim secara umum maka produk pun sulit untuk dikenal terlebih ada begitu banyak kompetitor yang menggeluti bidang yang sama.

Baca Juga : Tips Membeli Pakaian Grosir

Karakter membuat brandmu mudah dikenal, sumber : pixabay.com


3. Tentukan Nama

Nama adalah perwujudan dari karakter yang telah ditentukan. Jika penentuan karakter misalkan menyentuh pada penekanan sunnah Rasul, maka namanya pun bisa didekatkan pada hal tersebut. Dengan demikian nama brand anda mudah dingat ketika konsumen sedang menyinggung sesuatu yang berkaitan dengan sunnah.

Saat anda meminta bantuan jasa landing page website pun nama brand anda mudah ditemukan. Sebuah pencarian yang mencari informasi berkaitan dengan sunnah pun kemungkinan besar akan mengangkat website anda, dengan demikian brand pun semakin dikenal.

4. Utamakan Kualitas

Brand yang baik harus diimbangi dengan kualitas yang baik pula. Jangan sampai ketika brand merk produk fashion anda dikenal kemudian mendapatkan konsumen namun pada akhirnya membuat mereka kecewa. Sekali kecewa maka konsumen tidak akan akan membeli merk produk anda lagi, dan parahnya hal tersebut akan tersebar melalui media sosial.

Sehingga jika baru membangun mengambil keuntungan yang besar bukanlah hal yang utama. Hal yang utama pada fase awal ini adalah menarik minat dan memegang hati konsumen untuk mencintai produk kita, jika sudah cinta pada produk maka brand kita akan mudah dikenal siapapun.

5. Maksimalkan Medsos

Masa sekarang ini hampir semua orang menggunakan medsos dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bisa dikatakan android pada hari ini merupakan sahabat sejati bagi setiap orang. Mungkin lebih dari separuh kehidupan seseorang hari ini dituangkan di media sosial. Mereka melakukan banyak hal baik dari sekedar urusan sosialita ataupu melakukan pencarian suatu produk seperti keunggulan produk gamis jersey.

Hal ini tentunya bisa kita gunakan sebagai langkah untuk mengenalkan brand yang kita miliki. Jika brand kita telah memiliki banyak produk yang merk tertentu, produk tersebut sebaiknya banyak diupload di media sosial agar cepat dikenal oleh konsumen.

Maksimalkan medsos untuk percepatan branding, sumber : pixabay.com


6. Gunakan Komunitas

Hal yang saat ini menjadi cara yang cukup ampuh dalam mengenalkan suatu brand adalah dengan mengikuti sebuah komunitas. Jika merk produk fashion yang akan kita angkat bertemakan muslim, maka kita bisa masuk ke komunitas-komunitas muslim yang ada saat ini. Bergabungnya kita dengan mereka akan membuat brand mudah dikenal terlebih jika kita menjadi orang penting atau berpengaruh disana.

Seperti pepatah sambil menyelam minum air. Jika ada momentum tersebut bisa digunakan sebagai sarana menambah ilmu dan silaturahmi serta sara tambahan sebagai usaha mengenalkan produk. Jika sudah akrab dengan komunitas tersebut maka mereka pun tentunya turut akan mengenalkan brand kita kepada siapapun yang mereka kenal.

Nah itulah beberapa tips sebagai langkah dalam membangun sebuah brand merk produk fashion yang kita miliki. Walaupun masih baru dan belum memiliki banyak pelanggan, usaha tetap harus dilakukan sebagai langkah yang harus ditempuh dalam dunia bisnis. Maka tetap semangat serta tawakal pada Allah SWT. 

Posting Komentar untuk "Punya Merk Produk Fashion Sendiri Dan Ingin Brand Dikenal? Ini Cara Brandingnya!"