Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Billboard Untuk Bisnis Fashion

Billboard sering disebut dengan papan reklame adalah bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar. Dapat dikatakan pula billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang lebih besar yang diletakan tinggi ditempat tertentu yang ramai dilalui orang.

Berbentuk bidang dengan bahan terbuat dari kayu, logam, fiberglas, kain,kaca,flastik, dan sebagainnya yang pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, dan reklame tersebut dan bersifat permanen. Sehingga papan iklan diatas tokopun masuk katagori billboard.

Sebelum era globalisasi penyebaran reklame atou billboard belum begitu meluas, sehingga pemanfaatan reklame tidak bisa maksimal ( hannya) beradar/diketahui oleh masyarakat-masyarakat tertentu. Sedangkan di era globalisasi ini reklame sudah menyebar luas melalui media komunikasi yang ada yang berjalan seiring dengan perkembangan teknologi.

Sehingga tidak hannya masyarakat atau kalangan terrtentu saja yang dapat mengetahui atou menikmatinnya tetapi hamper dilapisan masyarakat dapat mengetahui dan menikmatinnya reklame dalam suatu pengertian yang luas merupakan suatu kegiatan untuk mengajak seseorang atau kelompok orang mengikuti isi reklame tersebut.

Baca Juga : Inilah Rekomendasi Tempat Pembuatan Jaket Di Sleman

Reklame berasal dari bahasa spanyol yaitu re dan clamos sedangkan dari bahasa latin re dan clame, re artinnya berulang-ulang sedangkan clame atou clamos artinnya berteriak, sehingga secara bahasa reklame adalah suatu teriakan/ seruan yang berulang-ulang. Reklame dapat juga diartikan sebagai suatu sarana yang memiliki tujuan menjalankan produknnya atau membuat barangnnya laku dipasaran contohnya seperti mengiklankan bahan kaos.

sumber : akurat.co

Papan iklan billboard ini merupakan jenis iklan luar ruangan yang paling banyak digunakan sebagai media promosi produk maupun sebagai media pengumuman dari pemerintah. Kini billboard terdapat beberapa jenis billboard yaitu digital billboard dan mobile billboard atau iklan berjalan yang biasanya di pasang pada kendaraan-kendaraan yang bisa anda temukan di jasa reklame jogja.

Kini juga ada digital mobille billboard yang merupakan paduan antara digital billboard dan mobile billboard, billboard jenis ini memiliki gambar yang bergerak dan bisa berjalan. Di Indonesia, Billboard disebut dengan reklame yang dibuat dari logam, kayu, kain, fiberglass, kaca, plastik dan lain sebagainya yang dipasang dan berdiri sendiri.

Ada pula reklame yang ditempel pada bangunan secara permanen. Dengan bentuk billboar atau reklame yang besar dan tinggi membuat orang-orang bisa dengan mudah melihat dan mengenali secara langsung informasi yang disampaikan.

Reklame memiliki 2 sifat, pertama reklame bersifat komersial yaitu suatu reklame yang digunakan untuk memperoleh keuntungan. Dan reklame bersifat sosial yaitu suatu reklame yang semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berbentuk material. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat reklame agar reklame tersebut dapat dikatakan baik, antara lain sebagai berikut:

contoh reklame di pinggir jalan

a) Persuasif (mengajak) yaitu kegiatan reklame diharapkan dapat menarik dan mengajak masyarakat

b) Estatis (induk) untuk dapat memvisualisasikan reklame dengen indah kita harus menerapkan beberapa unsur keindahan antara lain:

• Keseimbangan (balance)

• Harmonis Irama (ritme)

• Kontras (berlawanan)

• Etis (sopan atau sesuai dengan norma)

• Edukatif (mendidik)

Pada era digital saat ini, billboard atau reklame pun menggunakan teknologi baru sehingga munculah digital billboard, contohnnya digital billboard yang sering digunakan dalam melakukan promosi produk seperti:

 Megetron : dapat dikatakan bahwa megatron merupakan sebuah billboard yang sesuai dengan kemajuan era masa digital yang telah menggunakan tampilan elektronik berupa gambar bergerak-gerak

 Vidiotron : sebuah billboard yang sudah sangat mengikuti kemajuan masa era digital terkini yang mana menampilkan isi iklan berupa gambar film atau video digital sebagai media utamannya, maka media reklame ini sudah disebut dengan vidiotron.

sumber : videowall.com

Baca Juga : Batik Sebagai Media Dakwah

Vidiotron mampu memberikan nuansa kemeriahan kota-kota besar. Keberadaan vidiotron dikota modern sangat diperlukan, vidiotron saat ini telah menjadi suatu media ruang iklan lebih efektif dibandingkan dengan baliho atau media lain seperti sepanduk.

Selain menampilkan gambar yang interaktif berupa video, vidiotron juga bisa digunakan untuk sosialisasi, kegitan sosial dari pemerintah ataupun perusahaan berbentuk video.

Kelebihan Billboard yakni:

a. Relatif murah media luar ruang/billboard sesungguhnnya memerlukan pembiyayaan yang relative murah karna berlaku selama satu tahun untuk sekali kontrak/pembayaran.

b. Penjadwalan fleksibel penjadwalan / penempatan media luar ruang relative fleksibel karna dapat ditempatkan pada lokasi-lokasi yang dianggap paling tepat untuk suatu produk yang akan diiklankan

c. Dampak yang jauh adalah mampu mempengaruhi langsung untuk mencoba atau membeli produk yang diiklankan dalam billboard

d. Potensi kreatif media luar ruang memiliki fleksibilitas pengembangan kreatifitas sesuai dengan kemampuan praktisi-praktisi kreatif.

Kekurangan billboard yakni :

a) Pesan terbatas sebab waktu baca/ penglihatan yang sekelebat, pesan-pesan pada media luar ruang dibuat sangat terbatas atau singkat

b) Tidak efektif  bagi  pengendara mobil yang membutuhkan konsentrasi penuh, kadang-kadang mengesampingkan berbagai hal yang ia lewati, termasuk billboard yang mengiklankan produk tertentu, apalagi membaca secara jelas.

c) Kendaraan umum yang penuh sesak dalam kota-kota besar seperti mampu mempengaruhi langsung untuk mencoba atau membeli produk yang diiklankan dalam billboard.

d) Potensi kreatif media luar ruang memiliki fleksibilitas pengembangan kreatifitas sesuai dengan kemampuan praktisi-praktisi kreatif. Jakarta, dimana kendaraan umum adalah sarana transportasi bagi sebagian besar masyarakat, menyebabkan kondisi yang penuh sesak dan menyulitkan untuk sekedar melihat keluar kendaraan.

e) Sasaran pengrusakan media-media luar ruang rentan terhadap pengrusakan dari masyarakat yang tidak menyenangi adannya media iklan yang dipasang.

Itulah infromasi yang dapat kami sampaikan, billboard bukan hanya menjadi media yang menguntungkan untuk bisnis fashion anda, akan tetapi untuk banyak bisnis yang anda miliki. Karena billboard sendiri sudah makin banyak inovasinya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Keunggulan Billboard Untuk Bisnis Fashion"

Berlangganan via Email