Tips Jualan Online Tanpa Melalui Marketplace


Penyebaran jaringan internet yang massif di berbagai wilayah Indonesia memunculkan banyak pengusaha yang mengembangkan bisnisnya melalui internet. Selain memiliki peluang yang sangat besar, penjualan melalui internet saat ini dapat berjalan baik dikarenakan hadirnya penyedia jasa ekspedisi yang memberikan layanannya secara baik dan harga yang kompetitif.
Berbagai macam komoditas dijual di internet. Seperti pakaian kekinian kaos dakwah, makanan dengan berbagai ciri khas, elektronik dan sebagainya. Hanya saja saat ini para penjual online masih mengandalkan keberadaan pasar marketplace di internet. Karena kurangnya pengetahuan tentang internet maka mereka hanya melakukan apa yang mereka bisa.
Batik khas bisa dijual di internet
Fakta marketplace saat ini memang tidak diketahui banyak orang. Marketplace yang beroperasi di Indonesia rata-rata di miliki oleh perusahaan asing. Oleh karena itu banyak sekali produk asing terutama dari Tiongkok membanjiri pasar marketplace di Indonesia. Maka sebisa mungkin produk lokal harus bertahan di pasar marketplace. Akan tetapi sampai kapan jika produk luar saja harganya lebih murah dan ongkos kirim juga tidak mahal?

Berdagang Lepas Dari Marketplace

Ada beberapa tips jualan online tanpa melalui marketplace yang bisa dilakukan agar tidak ada saingan dari produk luar. Dengan menggunakan langkah-langkah penjualan diluar marketplace maka otomatis kita keluar dari persaingan dengan priduk luar. Dan langkah ini akan secara efektif menguatkan pasar dalam negeri jika diikuti oleh banyak pengusaha lokal.

Membuat website

Tips jualan online tanpa melalui marketplace yang pertama adalah membuat website. Mungkin hal ini terlihat sangat aneh. Akan tetapi banyak yang tidak tahu bahwa website yang dibuat bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakai. Jika pemakai website menginginkan untuk menjual suatu barang dalam jumlah varian yang banyak maka website dipasang tema yang cocok. Seperti toko online.
Begitu pula apabila yang ditawarkan adalah sebuah produk jasa maka website bisa dikemas menjadi semacam kantor pemasaran digital. Dengan mmberikan gambaran jasa yang ditawarkan dan di letakkan pada website maka informasi ke pelanggan dapat tersampaikan dengan jelas.
Sebagai contoh adalah perusahaan desain interior, maka perusahaan tersebut bisa memberikan informasi tarif jasa desain interior, memberikan gambaran hasil produk yang telah ada, dan juga penawaran lainnya. Dan pengguna website dapat mengisi konten berupa video, suara, foto ataupun tulisan.
Untuk saat ini pengguna website terutama di Jogja sangat banyak seiring dengan bermunculan jasa pembuat website profesional di Jogja. Maka pembuatan website untuk bisnis menjadi suatu kebutuhan.

Menawarkan spesialisasi

Jika menjual sesuatu yang banyak dijual orang lain maka beralihlah ke penjualan barang yang spesial. Dengan demikian konsumen yang menginginkan barang tertentu yang diinginkan akan tergambar dalam pikiran mereka bahwa kitalah yang bisa menyediakannya.
Meski demikan terkadang kompetitor tetap ada dan bahkan kita akan kewalahan menghadapi kompetitor yang memiliki modal besar. Ada cara lainnya yaitu dengan memberikan nilai plus pada penjualan anda. Bisa dengan gratis ongkir misalnya. Dan tentu saja dengan menaikkan harga lebih dahulu. Atau memberikan diskon.

Langkah optimasi

Bisa dibayangkan jika tiap orang senantiasa memegang gadget dan tiap orang tersebut ketika mencari informasi selalu membuka mesin pencari pada gadgetnya maka berapa orang yang mengakses mesin pencari dalam sehari.
Itulah peluang bisnis yang bisa kita ambil. Setelah membuat website maka optimasikan dengan maksimal. Dengan pemilihan kata kunci yang cocok melalui riset kata kunci, kita bisa mendapatkan peluang bisnis yang selama ini tidak kita duga. Maka spesialisasi sangatlah penting karena berkaitan juga dengan pemilihan kata kunci untuk optimasi website.
Orang lebih banyakj mencari informasi di internet. Sumber Unsplash

Raih bisnis lokal

Untuk permulaan cukup pasar lokal saja yang dikuasai. Dengan menguasai pasar lokal suatu kota tetapi jelas penguasaan di kata kunci lebih vaik dari pada pasar nasional namun pelanggan terkendala oleh jarak. Sebagian besar para pebisnis yang sukses di kancah nasional pada awalnya pasti menguasai pasar lokal terlebih dahulu.
Sasaran pasar lokal ini erat kaitannya dengan spesialisasi produk atau jasa dan juga pada saat optimasi website baik dengan memakai jasa seo atau sendiri. Oleh karenanya trik jualan online tanpa melalui marketplace ini sangat efektif di lakukan oleh bisnis yang memerlukan kantor, gerai atau workshop yang bisa didatangi secara riil oleh konsumen dari kota yang bersangkutan.
Itulah beberapa ulasan mengenai tips jualan online tanpa melalui marketplace yang bisa kani sampaikan. Dengan mengambil peluang yang ada maka segala sesuatu akan berhasil apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Dan jangan lupa baca juga artikel tentang tips wisata bersama keluarga pada blog ini.


Komentar