Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga Di Jogja

Jogja merupakan tempat dengan tujuan destinasi wisata yang menarik dan banyak dikenal orang. Dengan demikian, tentu liburan di Jogja menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang hendak berlibur. 

Liburan di Jogja jangan sampai boros dan membuat kantong kosong. Berlibur untuk merilekskan pikiran jangan sampai bikin pusing karena memikirkan banyaknya biaya yang harus Anda keluarkan. 

Selain mempersiapkan liburan Anda, berikut beberapa tips liburan hemat bersama keluarga di Jogja yang tidak akan bikin kantong Anda jebol. Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

1. Menentukan Tujuan Wisata 

Ilustrasi Memilih Tempat Wisata, Sumber : dakatour.com

Jogja punya segudang destinasi wisata yang bisa Anda pilih. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, sampai wisata kuliner. Tapi jangan sampai lupa diri, jangan sampai Anda menghabiskan dana di luar perkiraan yang Anda buat sebelumnya. 

Untuk wisata murah di Jogja, Anda bisa tentukan objek wisata dengan harga murah mulai dari wisata alam sampai wisata kulinernya. Wisata murah tersebut misalnya seperti Nol Kilometer, Malioboro, Museum Sonobudoyo, Tamansari, Tugu Jogja, Benteng Vredenburg dan masih banyak lagi. 

2. Mengelompokkan Tujuan Wisata Sesuai Wilayah 


Setelah Anda menentukan daftar destinasi wisata yang akan Anda kunjungi, selanjutnya kelompokkan destinasi wisata tersebut sesuai dengan wilayahnya. Hal ini tujuannya agar Anda bisa menghemat biaya transport ke lokasi-lokasi tersebut. 

Bila lokasi wisata yang akan Anda tuju saling berdekatan Anda bisa berjalan kaki saja sambil menikmati suasana Jogja. Selain itu, waktu yang Anda habiskan akan lebih efisien karena waktu untuk menjelajah banyak destinasi wisata lebih singkat. 

3. Mencari Tiket Promo 


Untuk lebih menghemat biaya liburan Anda, sebaiknya cari tiket promo untuk akomodasi Anda ke Jogja. Anda bisa mencari tiket promo untuk akomodasi Anda jauh-jauh hari melalui aplikasi pesan tiket online yang ada saat ini. 

Anda juga bisa menghadiri acara travel fair di kota Anda yang biasanya menawarkan banyak tiket dan paket promo untuk liburan. Dengan membeli tiket promo untuk akomodasi Anda ke Jogja, Anda bisa mengalihkan sisa dana yang seharusnya Anda gunakan untuk keperluan yang lain. 

4. Menyewa Mobil Sesuai Jumlah Rombongan 

Sewa Mobil, Sumber : jogjacars.com

Kalau Anda ingin leluasa selama liburan di Jogja, Anda bisa menyewa kendaraan pribadi. Anda bisa memilih mobil yang disewa sesuai dengan jumlah rombongan. Dengan demikian, tentu Anda bisa lebih hemat. 

Sudah banyak terdapat rental mobil di Jogja. Tetapi jangan lupa untuk membandingkan harga persewaan mobil yang ada, dan pilih harga yang paling sesuai dengan budget liburan Anda. 
Baca juga : Tempat Sewa Mobil di Jogja

5. Menggunakan Transportasi Umum 


Tips selanjutnya yaitu menggunakan transportasi umum. Jogja punya transportasi umum yang murah dan berkualitas, salah satunya TransJogja. Transportasi ini bisa mengantarkan Anda ke berbagai destinasi wisata yang ada di Jogja. 

Bus TransJogja ini memiliki 17 rute dan beroperasi dari jam 05.30 wib. Cukup dengan 3 ribuan Anda sudah bisa menikmati berkeliling kota Jogja dengan bis ber-AC yang nyaman dan Anda cukup menunggu di halte yang sudah tersedia di berbagai sudut kota Jogja. 

6. Menikmati Wisata Kuliner Makanan Lokal 


Liburan di Jogja Anda tentu tidak ingin melewatkan untuk menjelajah kuliner khas Jogja. Tips selanjutnya yaitu menikmati wisata kuliner makanan lokal Jogja. Cari makanan khas lesehan atau warung sederhana di Jogja yang menjual makanan otentik khas Jogja. 

Anda harus berhati-hati dalam memilih tempat makan, saat ini sudah banyak terdapat restoran atau cafe modern yang menyajikan makanan khas Jogja. Untuk itu pastikan Anda makan di tempat makan otentik kuliner khas Jogja tersebut berasal. 

7. Menawar Saat Belanja Oleh-oleh 


Liburan tanpa belanja oleh-oleh seperti terasa kurang lengkap, tapi jangan sampai beli oleh-oleh jadi bikin budget liburan Anda membengkak. Jangan ragu untuk menawar saat Anda membeli oleh-oleh terutama di Pasar Tradisional. 

Dengan berbelanja oleh-oleh di pasar tradisional Anda bisa memilih lebih banyak jenis oleh-oleh dengan harga yang lebih murah. Selain itu, Anda juga bisa menawar harga belanjaan Anda. 

Demikian ulasan mengenai beberapa tips liburan hemat bersama keluarga di Jogja yang perlu Anda ketahui. Tentu dengan tips ini Anda bisa memperkecil kemungkinan budget membengkak tanpa menghilangkan keseruan liburan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga Di Jogja"