Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Urutan Prioritas Sedekah Yang Harus Anda Tahu

Sedekah merupakan salah satu usaha kita dalam membantu orang-orang di sekitar kita. Namun, terkadang beberapa orang bersedekah ke orang-orang yang jauh dari mereka. Sebenarnya, banyak urutan prioritas sedekah yang dilewatkan.


Memang di masjid-masjid populer biasanya menyediakan berbagai kotak amal untuk berbagai keperluan. Tapi tahukah Anda bahwa sedekah paling utama adalah keluarga kita dahulu. Anda harus tahu siapa yang harus didahulukan untuk sedekah ini.


Nah, berikut beberapa prioritas ketika Anda ingin bersedekah atau sekadar memberikan sesuatu kepada orang di sekitar Anda.


Urutan Prioritas Sedekah


Ini dia urutan-urutan yang harus Anda berikan sedekah terlebih dahulu. Untuk bersedekah, Anda bisa memberikan kain gamis, makanan pokok atau barang lainnya untuk bersedekah.


  1. Urutan Prioritas Sedekah Paling Utama: Keluarga

Simak Urutan Prioritas Sedekah Yang Harus Anda Tahu
Seorang ayah/suami berkewajiban menafkahi keluarganya, ini adalah sedekah yang wajib. Sumber : Istockphoto.com



Urutan prioritas sedekah yang pertama adalah keluarga Anda dan sanak kerabat Anda yang dekat dengan Anda. Keluarga adalah satu-satunya tempat yang memberikan Anda kenyamanan dan keamanan untuk Anda. Namun, tentu jika Anda sudah mencukupi segala kebutuhan Anda, Anda baru bisa sedekah.


Jika ada keluarga Anda atau yang masih memiliki hubungan saudara yang masih memiliki kekurangan, Anda bisa bersedekah kepada mereka. Membantu keluarga Anda berarti Anda menjauhkan keluarga Anda dari kesengsaraan. 


Ini juga bisa menjadi salah satu yang bisa mempererat tali persaudaraan di antara keluarga Anda. Perlu Anda ketahui sudah patut Anda membantu keluarga Anda yang kesulitan. Hal ini karena ketika Anda kesulitan, yang pertama membantu Anda adalah keluarga Anda.


Pertama, Anda bisa bersedekah ke orang tua Anda. Setelah itu, Anda bisa bersedekah ke anak atau istri Anda. Jika sudah, tentu bersedekah ke saudara-saudara Anda.


  1. Sedekah Pada Tetangga

Simak Urutan Prioritas Sedekah Yang Harus Anda Tahu
Salah satu keutamaan sedekah pada tetangga adalah membangun silaturahmi. Sumber : Istockphoto.com



Lalu setelah keluarga Anda, urutan prioritas sedekah setelah keluarga Anda adalah tetangga. Kerukunan di lingkup kompleks perlu dijaga agar lingkungan sekitar Anda lebih aman dan nyaman.


Tetangga menjadi urutan kedua bersedekah setelah keluarga. Namun, tentu tetangga ini yang harus Anda sedekahkan hartanya bukan tetangga yang berkecukupan. Nanti, malahan bisa menyinggung tetangga tersebut.


Oleh karena itu, Anda perlu tahu siapa saja tetangga yang membutuhkan sedekah Anda. Cari tetangga seperti janda, anak yatim piatu, dan tetangga yang kurang kecukupannya. Jadi Anda bisa membantu meringankan beban mereka sambil mempererat sosialisasi antar tetangga.


Tetangga merupakan orang-orang terdekat selain keluarga Anda. Oleh karena itu, sedekah harus Anda lakukan agar hubungan antar tetangga tetap harmonis. Sehingga jika ada sesuatu yang menyangkut Anda dan keluarga, tetangga siap membantu Anda.


  1. Sedekah Ke Orang Lain


Nah, urutan prioritas sedekah setelah tetangga Anda adalah orang lain. Apabila Anda sudah membantu keluarga Anda atau sudah bersedekah ke tetangga, maka saatnya Anda membantu orang lain. 


Anda bisa bersedekah ke orang-orang yang kurang mampu dalam hal ekonomi. Mulai dari anak yatim piatu, fakir miskin, janda, dan sejenisnya. Anda juga bisa menyalurkan sedekah Anda ke organisasi atau lembaga zakat agar lebih memudahkan Anda.


Selain itu, sedekah bukan hanya sekadar makanan, pakaian, atau uang. Anda bisa membantu orang-orang di pelosok dalam mengalirkan air bersih. Salah satu sedekah yang terus mengalir adalah mengalirkan air bagi orang yang membutuhkan air. Banyak masyarakat yang masih kekurangan air. Nah, Anda bisa menjadikan ini kesempatan untuk Anda bersedekah.

Simak Urutan Prioritas Sedekah Yang Harus Anda Tahu
Ilustrasi sedekah air bersih yang membahagiakan. Sumber : Istockphoto.com



Anda juga bisa bersedekah ke lembaga-lembaga seperti panti asuhan anak yatim piatu dan sebagainya. Mereka sangat membutuhkan uluran kasih sayang Anda karena mereka tidak punya keluarga yang dapat mengurus mereka.


Golongan yang Berhak Mendapatkan Sedekah


Setelah Anda tahu urutan prioritas sedekah, Anda perlu tahu beberapa golongan yang memiliki hak mendapatkan sedekah dan tidak.


Ini dia beberapa golongan yang berhak untuk mendapatkan sedekah:


  1. Fakir. Golongan ini merupakan golongan yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Orang yang tergolong golongan fakir biasanya memiliki keadaan ekonomi yang buruk dan tidak memiliki fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

  2. Miskin. Golongan ini memiliki harta namun tidak bisa mencukupi kebutuhan hidupnya. Contohnya seorang nenek yang punya rumah tapi tidak bisa bekerja. Jadi golongan ini juga berhak mendapatkan sedekah.

  3. Amil. Orang yang termasuk di golongan ini adalah orang yang membantu menyalurkan zakat atau sedekah yang Anda berikan.

  4. Mualaf. Mualaf merupakan seseorang yang baru masuk agama Islam, dengan kata lain seorang muslim baru. Mereka berhak kemungkinan karena mereka meninggalkan berbagai hal haram yang mereka pakai.

  5. Budak. Di zaman ini tentunya tidak ada sistem perbudakan lagi. Namun, pada zamannya, mereka berhak mendapatkan sedekah juga.

  6. Gharimin. Golongan ini merupakan golongan yang memiliki hutang namun tidak sanggup membayar hutangnya.

  7. Fi sabilillah. Orang-orang di golongan ini merupakan orang yang berjihad di jalan Allah. Contohnya seperti mempertahankan agama, membangun fasilitas umum, membawa kepentingan umum, dan sebagainya.

  8. Ibnu sabil. Ibnu sabil merupakan golongan yang melakukan perjalanan jauh. Contohnya seperti musafir atau orang yang melakukan perjalanan. Namun tentunya perjalanan ini harus memiliki niat yang baik.


Nah, sudah tahu kan siapa saja yang harus Anda berikan sedekah Anda. Urutan prioritas sedekah ini harus Anda terapkan ketika Anda ingin bersedekah. Masih banyak orang yang membutuhkan bantuan sedekah dari Anda. Setelah Anda tahu golongan yang berhak atas sedekah Anda, Anda bisa lebih mudah dalam memberikan sedekah. 


Masih banyak informasi-informasi yang unik dan bermanfaat untuk Anda. Ikuti terus informasi-informasi lainnya hanya di sini.


Posting Komentar untuk "Simak Urutan Prioritas Sedekah Yang Harus Anda Tahu"