Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tertarik Dengan Jurusan Teknik Penerbangan? Ketahui Ketahui Informasi Penting Berikut

Berkaitan dengan dunia penerbangan atau aviasi, mungkin sebagian dari anda belum banyak yang mengetahuinya. Hal ini dikarenakan informasi dan pemberitaannya yang lebih tertutup jika dibandingkan dengan transportasi lainnya. Selain itu juga penyebaran informasi yang akan dipublish tidak mudah untuk diakses secara bebas dengan maksud agar operasi penerbangan menjadi lebih aman dari para perusuh.

Selanjutnya untuk dapat berinteraksi dengan dunia aviasi, maka saat ini banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan-jurusan khusus untuk mempelajari lebih mendalam terkait dunia aviasi tersebut. Adapun salah satu wadah pembelajaran tersebut adalah jurusan teknik dirgantara atau penerbangan yang mana jurusan ini sangatlah populer hingga sekarang.

Mengenal Jurusan Teknik Penerbangan, Sumber: Unplash/@vonshnauzer

Mungkin sebagian dari anda masih berpikir bahwa untuk menggunakan transportasi udara sangatlah mahal, padahal jika ingin mendapat liburan hemat di jogja atau di kota kota lainnya anda hanya perlu mencari promo promo yang disediakan maskapai penerbangan karena setiap harinya ada saja promo yang ditawarkan.

Mengenal Jurusan Teknik Penerbangan?

Jurusan teknik Penerbangan merupakan suatu wadah untuk mempelajari hal-hal teknis terkait dengan penerbangan dan kedirgantaraan, adapun hal hal pokok yang sering diajarkan seperti pengenalan mesin pesawat udara, teknologi transportasi udara, manajemen operasi penerbangan, perencanaan dan perancangan pesawat udara, dan masih banyak lagi.

Kuliah di jurusan teknik penerbangan akan memberikan banyak tambahan ilmu untuk bagaimana merancang, membuat, hingga mengoperasikan pesawat terbang, pesawat luar angkasa, pesawat tanpa awak atau UAV, satelit, roket, maupun misil. Selanjutnya setelah belajar tentang sains dasar di awal perkuliahan, biasanya mahasiswa teknik tenerbangan juga bakal melakukan praktikum dan uji coba.

Jika anda bertanya apakah yang berkuliah di teknik penerbangan dapat menjadi pilot? Maka jawabannya adalah Seorang lulusan Teknik Penerbangan tidak akan pernah menjadi pilot pesawat komersial karena memang tidak mempelajari tentang mengemudikan pesawat. Pilot merupakan lulusan dari sekolah penerbangan bukan Teknik Penerbangan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Penerbangan

Penelitian atau analisa yang dilakukan oleh beberapa pengamat ahli penerbangan, menemukan bahwa pada tahun 2030 nanti jumlah penumpang pesawat komersial di Indonesia akan mencapai angka 294 juta orang Sedangkan jumlah armada pesawatnya diperkirakan sebanyak 2153.

Dari hasil yang ditemukan tersebut diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa prospek kerja untuk jurusan teknik penerbangan sampai kapan pun tidak akan pernah turun bahkan anda tidak dapat membayangkan seberapa besar kebutuhan lulusan teknik penerbangan walau hanya untuk pesawat komersial saja di masa kini hinga masa mendatang.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Penerbangan, Sumber: Unsplash

Selain itu, kesempatan menjadi peneliti dan melakukan riset juga terbuka lebar. Seperti dikatakan sebelumnya, kamu bisa bekerja di LAPAN ataupun Pusdislitbang milik TNI AU. Kamu bisa merancang dan menghasilkan drone yang canggih melalui penelitian dan riset yang dilakukan. Untuk masalah gaji juga tentu tidaklah sedikit karena yang menerapkan ilmu penerbangan akan sangat dihargai di industri besar ini.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Penerbangan

Ada beberapa alasan kenapa anda perlu memilih kampus kedirgantaraan, adapun alasan alasan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dibutuhkan oleh Negara

Lulusan Teknik Penerbangan dari kampus penerbangan masih sangat dibutuhkan di negara kita tercinta ini mengingat jumlah maskapai penerbangan dan armadanya semakin hari semakin bertambah saja.

2. Pelajaran yang Tidak Monoton

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang kurang menyukai segala hal yang monoton atau sifatnya administratif. Mengapa? Karena di jurusan ini kamu bukan hanya akan menerima materi di kelas saja yang biasanya memang membosankan. Kamu justru akan lebih banyak melakukan praktikum untuk memperdalam materi kelas yang diberikan.

3. Diincar oleh Perusahaan Besar

Lulusan Teknik Penerbangan berkesempatan bekerja di beberapa BUMN terkemuka milik pemerintah seperti LAPAN atau Angkasa Pura. Bukan itu saja, karena kamu juga bisa berkarier di TNI yaitu pada Sekbang-AU dan Dislitbang -AU.

4. Belum Banyak yang Mengetahui Kelebihannya

Selain berhubungan dengan dunia penerbangan yang memang masih dilihat sebagai prestise, orang yang kuliah pada jurusan tersebut juga masih sedikit. Artinya secara tidak langsung juga kamu akan dianggap sebagai orang yang berotak encer alias pintar.

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) mulai digunakan untuk proses belajar mengajar pada tanggal 2 Agustus 2001 dan saat ini memiliki 6 program studi yang ditawarkan yakni teknik dirgantara, teknik mesin, teknik elektro, teknik industri, teknik informatika, dan aeronautika.

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto, Sumber: itda.ac.id

Untuk program studi unggulan di perguruan tinggi ini yaitu teknik dirgantara dengan tiga konsentrasi yang ditawarkan meliputi perancangan pesawat udara, operasi penerbangan, dan perawatan pesawat terbang. Namun walaupun prodi ini merupakan unggulan di kampus ini, akan tetapi 5 program studi lainnya juga tidak kalah bagus kok teman-teman.

Keahlian yang Dipelajari Jurusan Teknik Penerbangan

Ada beberapa keahlian yang dapat anda pelajari di jurusan teknik penerbangan, adapun keahlian tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kemampuan Desain dan Analisis Sistem

Di Jurusan teknik penerbangan, anda akan diajak dasar dasar kemampuan desain dan analisis, hal ini digunakan untuk memperkuat kemampuan pikir anda dalam memahami dunia kedirgantaraan yang kuat akan perhitungan.

2. Memahami Teknik Kendali Terbang

Selanjutnya anda juga akan diajari tentang teknik kendali terbang pesawat udara mulai dari pendukung hingga kendali utamanya.

4. Kemampuan Matematika dan Fisika

Selanjutnya dalam dunia penerbangan, anda wajib hukumnya untuk mempelajari dasar dasar perhitungan seperti matematika dan fisika terapan karena hampir semua pembahasan akan berkaitan dengan hal tersebut.

Itulah beberapa penjelasan seputar jurusan teknik penerbangan, semoga artikel ini dapat menjadi pelajaran dan tambahan ilmu bagi anda yang membacanya.

Posting Komentar untuk "Tertarik Dengan Jurusan Teknik Penerbangan? Ketahui Ketahui Informasi Penting Berikut"