Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anda Muslim? Ini Dia 4 Keuntungan Tinggal di Lingkungan Islami

Sebagai umat yang beragama islam, sudah selayaknya segala tindak tanduk perbuatan kita sesuai dengan aturan yang Allah inginkan. Karenanya wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari lebih dalam mengenai segenap aturan yang telah Allah tetapkan, agar nantinya bisa secara sempurna menaati segala perintah dan menjauhi segala laranganNya. Tinggal di lingkungan islami merupakan salah satu cara mudah untuk menjaga agar senantiasa hidup dalam ketaatan pada Allah azza wa jalla.

Lingkungan Islami

Lingkungan islami pada dasarnya ialah habitat asli seseorang yang mengaku beragama islam. Orang-orang islam ini nantinya akan berkumpul menjadi satu membentuk suatu masyarakat yaitu masyarakat islami. Lingkungan tempat tinggal masyarakat islami inilah yang nantinya disebut sebagai lingkungan islami.

Oleh karena itu lingkungan islami tidak akan bisa muncul begitu saja, karena lingkungan islami ialah efek daripada adanya masyarakat islami. Maka dari itu, untuk memunculkan lingkungan islami kita harus bersama-sama melahirkan dahulu masyarakat yang disebut sebagai masyarakat islami.

Lingkungan islami banyak diminati muslim sejati. Sumber: lapak-properti.com


Melihat penuturan para ulama, masyarakat dapat dikatakan sebagai masyarakat islami bila memiliki satu pemikiran, satu perasaan dan satu peraturan yang kesemua itu berlandaskan aturan dalam islam. Karena itulah jelas sudah apabila kita ingin membangun suatu masyarakat islami, cukup fokus pada tiga hal tadi.

Membangun Masyarakat Islami

Membangun masyarakat islami tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda tidak bisa serta merta mengumpulkan masyakarat yang beragama islam lalu menyebutnya sebagai masyarakat islami. Bila disebut sebagai kumpulan orang islam iya, namun disebut masyarakat islami tidak bisa karena belum memenuhi syarat masyarakat islami; punya satu pemikiran, satu perasaan, satu peraturan sama yang berasal dari islam.

Maka membangun masyarakat islami bukan pekerjaan yang mudah. Karena perlu memastikan setiap orang punya pemikiran, perasaan dan peraturan yang sama. Satu-satunya jalan ialah dengan cara berdakwah atau mengajak. Mengajak satu demi satu orang islam untuk memahami agama islam secara menyeluruh, secara komprehensif.

Harapannya dengan begitu akan lahir orang-orang muslim yang sudah paham akan islam seutuhnya dan siap melebur menjadi suatu masyarakat yang dijuluki masyarakat islami. Dari masyarakat islami inilah muncul suatu lingkungan yang disebut sebagai lingkungan islami.

Keuntungan Tinggal di Lingkungan Islami

Allah telah memerintahkan agar berbuat baik, juga bertempat tinggal di tempat/lingkungan yang baik. Dan sebaik-baik lingkungan ialah lingkungan yang membuat kita selalu bisa mengingat Allah subhanahu wa ta’ala, itulah lingkungan islami. Banyak sekali keuntungan yang didapat bila Anda tinggal di lingkungan islami.

Kelebihan tinggal di lingkungan islami. Sumber: https://chanelmuslim.com


Dibawah ini, kami telah merangkum 4 keuntungan tinggal di lingkungan islami yang perlu Anda ketahui. Setidaknya dengan hal ini Anda dapat lebih tergerak untuk segera menciptakan lingkungan islami, yaitu suatu lingkungan yang sebenarnya merupakan habitat kaum muslimin.

1. Ibadah Lebih Terkondisikan

Keuntungan pertama yang akan didapatkan bagi keluarga muslim yang tinggal di lingkungan islami ialah ibadah yang lebih stabil dan terkondisikan. Mengapa tidak, lingkungan islami ialah lingkungan tempat tinggal masyarakat islami yang sudah memiliki kesamaan berupa pemikiran perasaan serta peraturan. Maka sudah tidak aneh bila setiap yang tinggal dilingkungan islami akan mudah menjalankan berbagai perintah Allah.

Sholat berjamaah dimasjid, membaca kalamullah, I’tikaf, mendengarkan kajian-kajian tsaqafah islamiyah akan menjadi rutinitas yang tak tergantikan. Beragam fasilitas yang menunjang untuk taat kepada Allah juga akan sangat lengkap disana. Dengan desain sederhana ala konsep islami semakin membuat hati mantap dan nyaman untuk beribadah kepada Allah ta’ala.

2. Lahirnya Akhlaqul Karimah

Akhlak merupakan buah dari ketaatan kepada Allah. Seseorang yang disiplin mematuhi setiap perintah Allah dan menjauhi segala yang dilarang olehNya secara komprehensif maka dalam dirinya akan muncul suatu refleks dalam menyikapi setiap sesuatu. Refleks inilah yang disebut dengan akhlak.

Maka dari itu, dengan adanya masyarakat islami, akan muncul lingkungan islami, yang secara otomatis akan melahirkan akhlak islami dalam diri setiap orang muslim dalam lingkungan tersebut. Jujur dalam berjual beli, amanah dalam berorganisasi, tawadhi dalam setiap gerak-gerik ialah bukti akhlak hasil dari ketaatan kepada Allah.

3. Mudah Menimba Berbagai Ilmu

Keuntungan berikutnya yang dapat Anda rasakan saat berada di lingkungan islami ialah mudah dalam mempelajari beragam ilmu pengetahuan, terutama tsaqafah islamiyah. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai menjadikan Anda akan semangat dalam menimba ilmu lebih dalam, baik ilmu umum maupun ilmu keislaman.

Anak-anak yang rajin mempelajari ayat-ayatNya. Sumber: republika.com


Dengan begitu Anda akan rajin sholat lima waktu, bisa menghapal ayat Al Qur’an dengan baik, tidak pernah absen sunnah-sunnah nabi, termasuk juga Anda bisa mempelajari olahraga yang disunnahkan nabi yaitu berenang, memanah serta berkuda. Dengan begitu setiap harinya Anda akan terus bertumbuh dan berkembang.

4. Merasa Nyaman juga Aman

Tidak hanya itu, dengan tinggal di lingkungan islami menjadikan hidup Anda terasa aman dan nyaman. Mengapa tidak, Anda hidup dimana peradaban sebuah negeri bermula. Anda hidup diantara para pejuang umat dan mutiara para manusia. Maka sudah sepatutnya Allah meberikan keberkahan di lingkungan islami yang senantiasa menjaga aturan-aturan Allah tetap terjalani.

Itulah empat keuntungan tinggal di lingkungan syar’i bagi keluarga yang beragama islam. Untuk hasil semakin optimal, Anda bisa menambahkan gazebo sebagai tempat belajar ilmu kelislaman melalui jasa layanan pembuatan gazebo di Jogja.

Bila Anda berasal dari wilayah jabodetabek, rumah subsidi di Serang bisa menjadi percontohan bangunan ideal perumahan islami yang banyak dinanti. Anda bisa membaca artikel kami lainnya tentang wisata religi Jogja dan masjid bersejarah. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

 

Posting Komentar untuk "Anda Muslim? Ini Dia 4 Keuntungan Tinggal di Lingkungan Islami"