Informasi Bermanfaat Untuk Berwisata Menggunakan Bus Bersama Keluarga

Berwisata merupakan salah satu alternatif pilihan untuk memanfaatkan liburan setelah menjalankan rutinitas kesibukan sehari-hari. Maka, manfaatkanlah momen tersebut untuk berkumpul bersama keluarga, berekreasi mengunjungi tempat wisata. Jika Anda ingin mengajak keluarga kecil Anda untuk berliburan bersama, siapkanlah rencana yang matang agar wisata Anda bisa berjalan dengan baik.

Hal utama yang perlu dipikirkan setidaknya selain menyiapkan seluruh kebutuhan berliburan keluarga adalah transportasi. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, jangan khawatir. Saat ini tersedia bus-bus wisata yang menyediakan fasilitas khusus untuk mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga. Sudahkah memiliki informasi yang cukup untuk berwisata bersama keluarga menggunakan bus? Simak tips berwisata bersama keluarga menggunakan bus berikut ini.

Tips Berwisata Bersama Keluarga Menggunakan Bus


Jika Anda baru pertama kali membawa keluarga untuk berliburan menggunakan transportasi bus, berikut kami sediakan beberapa tips, antara lain :

1. Pastikan Kenyamanan Dengan Bus Pilihan


Terdapat beberapa jenis bus yaitu bus ekonomi, menengah dan eksekutif. Diantara ketiganya, bus eksekutif adalah yang paling nyaman diantara jenis yang lainnya. Namun tentu Anda harus merogoh kocek yang dalam meskipun masih dikatakan terjangkau. Selain itu, pilihan yang perlu diputuskan selanjutnya adalah jadwal keberangkatan. Terdapat jadwal pagi, siang dan malam. Pilihlah yang paling nyaman disesuaikan dengan kondisi keluarga Anda.

2. Bawa Obat-Obatan Khusus Untuk Perjalanan


Meski sudah menggunakan bus pilihan Anda, namun didalam perjalanan banyak hal yang bisa dialami. Jika belum terbiasa, bisa saja perjalanan menggunakan bus membuat Anda dan keluarga mual atau mabuk perjalanan. Maka, bawalah minyak kayu putih atau aromatherapy lainnya yang membuat Anda bersama keluarga terasa nyaman tanpa takut merasakan mual apalagi muntah.

3. Tempatkan Anak-Anak Pada Posisi Yang Tepat

Kids On The Bus, sumber ig @momdedois


Berwisata bersama keluarga, terutama jika Anda bersama balita atau anak-anak, mereka akan cepat merasakan bosan jika berada diatas bus dengan lama perjalanan yang berjam-jam. Hal ini lumrah bagian sebagian orang sebab memang anak-anak cenederung aktif bergerak dimana-mana. Dengan menggunakan bus, otomatis anak-anak harus tetap duduk agar aman. Lantas, dudukkan anak-anak bersama Anda dengan posisi disebelah jendela. Pemandangan perjalanan menuju tempat wisata akan membuat anak-anak perhatian dan terkagum-kagum sehingga mereka dibandingkan aktif bergerak menjadi aktif berkomunikasi dengan Anda. 

4. Bawalah Makan Ringan Yang Cukup


Selama perjalana berjam-jam bahkan bisa lebih dari setengah hari untuk menuju obyek wisata tujuan Anda, tentu Anda harus menyiapakan makanan. Namun, dikarenakan masih didalam perjalanan menggunakan bus, sebaiknya makanlah makanan yang ringan. Memakan makanan berat akan membuat pencernaan Anda sedikit goyah dikarenakan disaat bersamaan Anda berada diatas bus yang sedang berjalan. Selain itu, memakan makanan ringan akan mengurangi kebutuhan Anda terhadap toilet. Karena fasililitas toilet bus juga seadanya dan tidak mungkin Anda meminta untuk berhenti di tengah perjalanan hanya untuk ke toilet terkecuali memang waktunya untuk beristirahat didalam perjalanan.

5. Bawalah Barang Kebutuhan Seefisien Mungkin


Hal yang perlu dijaga dan diperhatikan serta diwaspadai adalah barang bawaan. Meskipun bus memiliki fasilitas penyimpanan barang yang memadai, namun kewaspadaan tetap harus ada. Kita tidak berharap apapun yang buruk, namun seringkali kelalaian bisa memicu hal-hal yang tidak diinginkan. Maka, pastikan barang bawaan Anda cukup untuk sekelurga namun diminimalisir seoptimal mungkin. Sehingga Anda lebih mudah untuk memeriksa, memperhatikan dan menjaga barang bawaan Anda.

Demikian tips dan informasi yang bisa kami rangkum mengenai hal-hal yang terkait dan yang bisa dilakukan selama dalam perjalanan bersama keluarga menggunakan bus wisata. Simak juga ulasan lainnya tentang wisata puncak becici di Jogjakarta. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati perjalanan wisata Anda!

Komentar