Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Adab Di Toilet Yang Perlu Diperhatikan Oleh Setiap Muslim

Tahukah Anda? Jika ada beberapa adab bagi seorang muslim ketika Anda sedang di kamar mandi. Adapun contoh adab di toilet / kamar mandi, seperti membaca doa ketika masuk dan keluar dari kamar mandi. membaca doa ketika masuk dan keluar merupakan salah satu adab yang disunnahkan oleh Rasulullah.

Pasalnya, kamar mandi merupakan salah satu tempat berkumpulnya para iblis maupun setan pengganggu umat Nabi Muhammad SAW. Anjuran tersebut juga diterangan di dalam sebuah hadis sebagai berikut: “Penutup pandangan jin kepada aurat manusia ialah jika kalian masuk WC, ucapkan bismillah." (HR Tirmidzi).

9 Adab Seorang Muslim Ketika Di Kamar Mandi

Sebagai seorang umat muslim yang taat, ada beberapa adab yang perlu diperhatikan ketika berada di dalam kamar mandi. Lantas apa saja adab di kamar mandi yang perlu diperhatikan ketika seorang muslim berada di kamar mandi. yuk kita simak!

1. Membaca Doa

Sebelum memasuki kamar mandi sebaiknya membaca doa terlebih dahulu, Anda bisa membaca bacaan basmalah ataupun membaca doa masuk ke kamar mandi. Membaca bacaan basmalah sebelum masuk kamar mandi adalah salah satu adab di kamar mandi. Dengan membaca bacaan tersebut maka jin akan terhalang untuk melihat aurat kita.

Adapun doa yang dapat di baca ketika memasuki kamar mandi. Menukil dari buku Fiqih Islam Wa Adillatuhu yang disusun oleh Prof Wahbah az-Zuhaili, berikut adalah doanya:

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ


Artinya: “Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari (godaan) setan laki-laki dan setan perempuan” 

Kemudian ada juga doa yang dapat dibaca ketika akan keluar dari kamar mandi. berikut adalah doanya: 

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah mensejahterakan.”.

2. Masuk Dengan Mendahulukan Kaki Kiri

9 Adab Di Toilet Yang Perlu Diperhatikan Oleh Setiap Muslim
Ilustrasi masuk toilet dengan kaki kiri. Sumber: Istockphoto.com


Selain membaca bacaan basmalah ketika masuk ke kamar mandi, Anda juga dapat membaca doa ketika akan masuk ke kamar mandi. Dan sebelum masuk ke kamar mandi sebaiknya Anda mendahulukan kaki kiri. 

Adab tersebut diperkuat dengan adanya hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim sebagai berikut: “Nabi Muhammad SAW lebih suka mendahulukan yang kanan ketika akan memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik).”.

3. Keluar Dengan Mendahulukan Kaki Kanan

Berbeda dengan saat masuk ke kamar mandi, saat keluar dari kamar mandi sebaiknya Anda mendahulukan kaki kiri. Mengapa demikian? Karena menurut Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu Jilid 1, kegiatan di kamar mandi merupakan kegitan yang tidak mulia. 

Sedangkan kegiatan yang dilakukan setelah keluar kamar mandi merupakan sesuatu dengan tujuan mulia sehingga ketika keluar kamar mandi dianjurkan dengan kaki kanan untuk melangkahnya. Ada juga adab bepergian dalam islam yang bisa Anda terapkan.

4. Buang Air Kecil Dengan Jongkok

Selanjutnya adab yang perlu diperhatikan adalah ketika anda sedang membuang air kecil. Sebaiknya ada ketika sedang membuang air kecil dilakukan dengan jongkok. Hal ini dapat diperkuat dengan adanya hadis sebagai berikut: 

“Barang siapa yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW kencing sambil berdiri, janganlah percaya. Beliau tidak pernah kencing kecuali sambil duduk.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah dan Nasa'i).

5. Tidak Berlama-lama Di Kamar Mandi

9 Adab Di Toilet Yang Perlu Diperhatikan Oleh Setiap Muslim
Tidaklah berdiam di toilet terlalu lama. Sumber: Istockphoto.com


Adab di kamar mandi yang selanjutnya adalah tidak boleh berlama-lama ketika di kamar mandi. Anda sebaiknya segera keluar ketika urusan di dalam kamar mandi sudah selesai. Hal ini juga berlaku ketika Anda sedang mandi ataupun buang hajat. 

6. Beristinja Dengan Tangan Kiri

Selanjutnya adalah cara beristinja, islam juga mengajarkan tentang beristinja atau bersuci. Sebaiknya umat islam dalam beristinja menggunakan tangan kiri. Hal ini dapat diperkuat dengan adanya hadits sebagai berikut:

“ Jika salah seorang di antara kamu minum, janganlah dia bernapas di dalam bejana. Jika dia buang hajat, janganlah memegang kemaluan dengan menggunakan tangan kanannya. Janganlah pula dia beristinja dengan menggunakan tangan kanannya.” (HR. Muslim dan Bukhari).

7. Tidak Berdzikir Atau Berbicara Di Kamar Mandi

Dalam hadis riwayat Muslim, nabi Muhammad pernah mencontohkan muslim untuk diam ketika berada di dalam kamar mandi. Termasuk untuk tidak mengucapkan kata-kata yang baik atau lafal Allah, dzikir ataupaun menjawab salam. Hal ini dipekuat dengan hadis sebagai berikut:

“Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Saat itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.”. Namun ada pengecualian ketika sedang ada kondisi darurat, seperti saat ada yang meminta air atau bertanya hal yang perlu segera dijawab.

8. Wanita Dilarang Memasuki Tempat-tempat Pemandian Umum

9 Adab Di Toilet Yang Perlu Diperhatikan Oleh Setiap Muslim
Hendaknya muslimah hanya memakai toilet umum yang khusus perempuan. Sumber: Istockphoto.com


Adab di kamar mandi yang satu ini dikhususkan untuk para muslimah. Seorang muslimah sebaiknya tidak memasuki tempat pemandian umum karena khawatir timbulnya fitnah dan kerusakan. 

Saat ini banyak sekali kejahatan yang dapat ditemukan di kamar mandi umum seperti pemasangan kamera tersembunyi yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, maka sebaiknya para muslimah tidak menggunakan kamar mandi umum. Hal ini dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

9. Tidak Menghadap Kiblat

Adab di kamar mandi yang terakhir adalah tidak menghadap kiblat. Dalam hadis yang di riwayatkan oleh Muslim dan Bukhori menjelaskan bahwa seorang muslim sebaiknya tidak menghadap kiblat ketika berada di dalam kamar mandi, jangan juga membelakangi kiblat. Jadi sebaiknya ketika di kamar mandi Anda menghadap timur atau barat meski terhalang kubikel toilet ataupun tembok toilet.

Nah itu dia 9 adab seorang muslim ketika di kamar mandi. Untuk menambah referensi anda juga bisa membaca tentang tahapan belajar anak dalam islam. Yuk kita terapin adab di kamar mandi ini dalam kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar untuk "9 Adab Di Toilet Yang Perlu Diperhatikan Oleh Setiap Muslim"