Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Di Balik Sejuknya Lantai Masjidil Haram

Masjidil Haram di makkah merupakan satu dari tiga Masjid utama kaum muslimin dunia. Di mana pada Masjidil Haram terdapat Ka'bah yang menjadi kiblat kaum muslimin hari ini. Di Masjid ini pula kaum muslimin seluruh dunia melangsungkan ibadah tahunan mereka yaitu ibadah haji serta umrah yang relatif fleksibel ketimbang ibadah haji.

Masjidil haram dengan statusnya yang merupakan salah satu Masjid utama, kiblat serta tempat di mana ibadah haji dan umrah dilangsungkan, tentu menjadi salah satu tempat di belahan dunia ini yang sangat tinggi intensitas kunjungannya. Oleh karena itu dua hal yang tidak boleh tidak musti ada pada Masjidil Haram adalah tingkat keamanan dan kenyamanan.

Tingkat keamanan dan kenyamanan menjadi dua hal pokok sebagai jaminan berlangsungnya ibadah sekian banyak pengunjung dari kalangan kaum muslimin dengan baik. Dalam hal ini adalah aspek pilihan desain bangunan serta material pembangunan yang tentunya dipilih dari material terbaik. Yang tidak hanya unggul dalam keindahan namun juga unggul dalam kekokohan dan kenyamanan.

Dan satu hal yang cukup menarik dari sejumlah material Masjidil Haram adalah material lantai marmernya yang selalu dalam kondisi dingin dan sejuk meski di tengah cuaca kota Makkah yang panas dan terik. Sebab, area sekeliling Ka'bah merupakaan area thawaf yang menjadi titik sentral rangkaian ibadah haji dan umrah. Sehingga peraan material lantai marmer tersebut sangat signifikan bagi kelancaran dan kenyaamaanan proses ibadah haji dan umrah.

Lantai Marmer Thassos Masjidil Haram

Lantai marmer Thassos yang tampak putih bersih. Sumber : Pinterest.com


Perihal material marmer pada lantai Masjidil Haram, menurut penuturan yang ada, material lantai marmer ini didatangkan langsung dari daerah utara Yunani yang bernama Thassos. Thassos merupakan sebuah pulau di Yunani. Marmer putih inilah yang menjadi rahasia dari lantai marmer Masjidil Haram yang selalu dalam keadaan dingin dan sejuk. Seperti halnya rumah kayu dengan material kayu yang tahan akan panas.

Batuan marmer Thassos memang terkenal sebagai jenis marmer yang mampu meredam hawa panas sehingga mampu untuk tetap dalam kondisi sejuk. Tak hanya unggul dalam cuaca panas, marmer Thassos juga dapat menyerap kelembapan di malam hari sehingga jamaah Masjidil Haram masih bisa melakukan ibadah dengan nyamaan.

Faktor Pendukung Kesejukan Lantai Masjidil Haram

Sebaimana telah disinggung sebelumnya bahwa faktor utama dari kesejukan lantai Masjidil Haram adalah materiaal lantai itu sendiri yang merupakan marmer Thassos. Marmer yang terkenal dengan keunggulannya dalam meredam terik cahaya matahari. Namun rahasia di baalik dingin dan sejuknya lantai Masjidil Haram tidak hanya itu, namun ada beberapa faktor pendukung lain, di antaranya :

Impor Dalam Kondisi Bongkahan

Tampak bongkahan marmer Thassos. Sumber : pinterest.com

Siapa sangka, meski lantai marmer Masjidil Haram diimpor dari Thassos, namun tidak dalam bentuk yang siap pasang sebagaimana umumnya marmer lantai. Namun marmer untuk lantai Masjidil Haram diimpor dari Thassos dalam bentuk masih bongkahan. Setelah itu baru bongkahan marmer tersebut diolah dan dibentuk secara khusus di Arab Saudi untuk selanjutnya diaplikasikan pada lantai Masjidil Haram.

Pengerjaan Dengan Teknologi Canggih, Oleh Para Ahli dan Profesional

Bukan hanya diimpor dalam bentuk bongkahaan sehingga pembentukan dan pengaplikasian material bisa menyesuaikan. Namun, proses pengerjaan itu  sendiri juga didukung dengan sejumlah teknologi canggih di bawah pengawaasan para ahli sehingga menghasilkan marmer dengan kualitas tinggi. Lantainya dipotong persegi panjang dengan masinng-masingnya memiliki ketebalan 5 cm. Ketebalan tersebut tentu saja sangaat mempengaruhi tingkat kesejukan lantai.

Selain pembentukan marmer oleh para ahli dengan teknologi canggih, pengaplikasian atau  pemasangan lantai jadi tersebut juga dilakukan oleh tenaga profesional yang sudah berpengalaman. marmer dipasang secara presisi di setiap sudutnya, untuk menjamin kenyamanan jamaah. Belum lagi di tambah dengan perawatan sedemikian rupa seperti rawat poles oleh jasa poles marmer yang ada.

Jadi, angapan sejumlah orang tentang rahasia di balik sejuknya lantai Masjidil Haram bahwa dikarenakan adanya AC dibagian bawah lantai sehingga lantai bisa tetap dalam kondisi dingin dan sejuk meski cuaca panas merupakan anggapan yang tidak tepat.

Harga Marmer Thassos 

Marmer Thassos dengan kualitas unggul di atas kualitas marmer rata-rata, menjadikan marmer Thassos dibandrol dengan harga yang tidak murah. Harga marmer Thassos yang didatangkan langsung dari Yunani bisa mencapai 200 dola AS permeter persegi. Atau jika dirupiahkan, berdasarkan situs jual beli Alibaba, harga marmer Thassos yaang langsung didatangkan dari Yunani lebih kurang sebesar Rp. 2,8 juta permeter persegi.

Hal itulah yang kemudian menbuat Masjidil Haram memiliki daya tari yang tinggi. Bukan hanya sebagai kiblat umat Islam, namun ditinjau dari sisi infrastruktur sendiri Masjidil Haram dalam kemegahan sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab, selain dibangun dengan material pilihan berkualitas tinggi, juga dirancang dengan desain arsitektur terbaik.

Siapapun yang datang dan berkunjung ke Masjidil Haram tentu akan dibuat takjub akan kemegahaan dari bangunan Masjidil Haram. Tak peduli lagi dengan letak geogravis Masjid ini yang notabene dikelilingi dengan lembah dan gunung-gunung tandus berbatu.

Kemegahan Kabah. Sumber : pinterest.com


Meski demikian megah dengan desain arsitektur terbaik, material terbaik, teknologi modern, tenaga ahli dan profesional, kaum muslimin tidak boleh lupa bahwa, esensi utama dari keterkaitan antara Masjidil Haram dengan segenap kaum muslimin sedunia itu sendiri adalah ibadah. Ibadah itulah wujud dari ketundukan kita kepada Allah SWT yang Maha menghidupkan dan mematikan segenap makhluk sebagaai bagian dari akidah. Oleh karena itu kemegahan dalam hal sarana peribadatan tidak boleh mengalihkan kaum muslimin dari poin utama, yaitu ibadah dengan semurni-murni ibadah.

Demikianlaah ulasan singkat seputar rahasia dari lantai Masjidil Haram yang sedmikian dingin dan sejuk bahkan di cuaca panas sekalipun. Ulasan ini tentu menampik anggapan tanpa dasar bahwa dingin dan sejuknya lantai Masjidil Haram oleh karena adanya AC di bagian bawah tanah atau bawah lantai itu sendiri. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Rahasia Di Balik Sejuknya Lantai Masjidil Haram"