Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Peralatan Untuk Mengurus Jenazah

Aktivitas untuk mengurus jenazah saudara sesama muslim adalah fardhu kifayah. Fardhu kifayah ini dapat lebih mudah lagi dijalankan apabila terdapat sarana yang mendukung seperti berbagai peralatan pengurusan jenazah. Nah, apa saja peralatan pengurusan jenazah yang pernah ada?

Anda pasti pernah mengetahui keranda jenazah. Keranda jenazah adalah salah satu peralatan pengurusan jenazah. Harga keranda mayat yang terbuat dari stainless saat ini cukup terjangkau dan peralatannya dapat digunakan hingga waktu yang lama. Nah, apa peralatan pengurusan jenazah lainnya?

Peralatan Pengurusan Jenazah

Selain peralatan pengurusan jenazah yang pernah Anda dan sudah sering digunakan seperti keranda mayat stainless, ternyata ada banyak peralatan lainnya yang bisa jadi jarang digunakan sehingga jarang diketahui. Padahal bisa jadi peralatan ini menjadikan aktivitas pengurusan jenazah lebih praktis. Nah, apa saja peralatan tersebut? Berikut informasinya.

Tenda Pemandian Jenazah
Tenda Pemandian Jenazah, sumber Distributor Keranda Mayat


1. Kereta Pemandian Jenazah

Tempat pemandian jenazah memang membutuhkan area khusus yang luas serta akses terhadap air yang baik. Namun area yang permanen seperti tempat misalnya kamar mandi, bak pemandian dan tempat lainnya terkadang cukup terbatas untuk menjadi tempat pemandian mayat. Nah, Anda bisa mencoba menggunakan dukungan alat seperti kereta pemandian jenazah.

Kereta Pemandian Mayat adalah kerata mayat yang dikombinasikan dengan bak pemandian hingga mempunyai dua fungsi sekaligus, selain untuk menopang dan membawa jenazah. Kereta pemandian ini juga dapat dipakai untuk memandikan atau mengurus mayat.

Selain kokoh kereta berbahan stainless ini juga mudah dibersihkan, jika kereta sudah mulai kotor atau lengket, cukup membersihkannya hanya dengan kain lap dan air, atau lebih bagusnya lagi ditambahkan sabun. Dilengkapi dengan lubang dan pipa 2 inch, panjang 8 cm lalu disambungkan dengan selang spiral, panjang 5 meter untuk pembuangan air agar tidak berceceran serta langsung mengarah ketempat pembuangan.

2. Bale Mayat

Bale Mayat adalah Meja yang digunakan khusus untuk mengurus mayat setelah mayat dimandikan, bale ini digunakan saat proses mengkafani mayat dan kepengurusan lainnya. Bale ini dibuat dengan bahan stainless steel 201 agar kuat, tahan lama, ringan, dan tidak akan berkarat walaupun disimpan ditempat yang lembab. Selain kokoh Bale berbahan stainless ini juga mudah dibersihkan.

Jika Bale sudah mulai kotor atau lengket, cukup membersihkannya hanya dengan kain lap dan air, atau lebih bagusnya lagi ditambahkan sabun. Kaki Bale yang bisa dilipat sekaligus dikunci menjadi kelebihannya saat akan disimpan, anda bisa menyenderkannya di tembok atau letakan dilantai tak akan memakan tempat banyak.

3. Keranda Mayat Kurung Lipat

Keranda mayat kurung lipat adalah keranda mayat standar dengan kurungan yang bisa dilipat untuk keperluan menguangi dimensi saat pengiriman jauh, sehingga lebih hemat biaya kirim. Kurungan lipat terdiri atas 3 pipa setengah lingkaran sebagai slot untuk palang pipa penghubung.

Keranda mayat kurung lipat ini dibuat dengan bahan stainless steel 201 sehingga kuat, tahan lama, ringan, dan tidak akan berkarat walaupun disimpan ditempat yang lembab dalam waktu yang lama. Tarikan / pegangan keranda mayat dengan model teleskopik bisa ditarik keluar atau di dorong ke dalam. berfungsi untuk keperluan mengantar jenazah jarak jauh menggunakan mobil ambulance.

4. Keranda Mayat Multifungsi

Keranda Mayat Multifungsi adalah kombinasi dari keranda dan pemandian. Produk yang telah disetting ini mempunyai 2 fungsi sekaligus, selain berfungsi sebagai tandu jenazah, fungsi lainnya adalah sebagai media memandikan jenazah yang sangat praktis. Tentu saja fungsi yang banyak ini dapat menjadi manfaat tersendiri.

Keranda Mayat Multifungsi
Keranda Mayat Multifungsi


Sama halnya dengan pemandian, keranda mayat multifungsi ini juga memiliki bak yang sedikit lebih ramping. Dibagian belakang bawahnya terdapat pipa pembuangan dan selang panjang 5m untuk media pembuangan dan saluran air. Keranda Mayat ini dilengkapi 5 bantalan tempat sandaran untuk mayat saat dimandikan.

Dibagian bawah keranda terdapat sepasang kaki depan dan belakang seperti pemandian yang bisa dilepas (knockdown) dengan sepasang roda mati dikaki depan, dan roda hidup + rem dikaki belakang, untuk memudahkan kita saat memindahkan keranda ini. Jadi penggunaan memang sekalian dengan keranda untuk memindahkan jenazah dari satu tempat ke tempat lain.

5. Tenda Pemandian Mayat

Tenda pemandian jenazah adalah media yang mendukung saat memandikan jenazah secara outdoor. Fungsinya untuk penghalang/privasi agar tidak terlihat orang lain. Tenda pemandian jenazah dibuat untuk ahlul mayit yang ingin memandikan mayat saudaranya di luar rumah namun tetap terjaga privasinya. Ukurannya sudah disesuaikan dan diriset sehingga sudah cocok dengan fungsinya.

Inovasi tenda pemandian mayat outdoor ini terinspirasi dari kendala saat melakukan pengurusan jenazah namun tidak tersedia tempat yang cukup dari segi ukuran dan fasilitasnya. Sehingga dibuatlah tenda pemandian yang dapat berfungsi outdoor dari bahan stainless yang kuat namun ringan.

Tenda pemandian jenazah ini dibuat dengan bahan stainless steel 201, bahannya kuat, ringan, awet dan tidak akan berkarat meskipun disimpat ditempat yang lembab. Selain itu tenda pemandian ini sudah dilengkapi dengan kain sekeliling yang anti air/taslan dan terpal diatasnya, sehingga bisa tetap dipakai diluar meski cuaca sedang hujan. Tenda ini bisa di bongkar pasang (knock down) untuk keperluan pada saat menyimpan tenda, sehingga untuk penyimpanan bisa lebih hemat tempat.

Posting Komentar untuk "Berbagai Peralatan Untuk Mengurus Jenazah"

Berlangganan via Email