Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RENUNGAN Beda: Aku dan Ibuku oleh Dersopan

Ibu, membahas tema ini seakan tiada habisnya. Mulai dari perannya mendidik anak, hingga dalam bernegara. Islam sendiri memberikan tempat yang mulia pada sosok ibu. Dalam satu hadist, kata ibumu disebut-sebut oleh baginda Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam 3 kali, pertanda penekanan yang lebih. Kesempatan kali ini, kami sampaikan artikel renungan tentang ibu dari akh Dersopan. Semoga bermanfaat.



============
RENUNGAN 
Beda: Aku dan Ibuku
😢😢😢😢😢😢

Ibuku luar biasa, dia sangat berbeda denganku. Setiap jumpa dan kemudian berpisah ibuku selalu berkata "maaf ibu tidak bisa memberi apa-apa kecuali doa." Ucapan ini terkadang menamparku. Ibuku yang sudah begitu banyak memberi pengorbanan, perhatian dan rasa cinta yang tiada tara kepadaku masih berkata "maaf ibu tidak bisa memberi apa-apa."

Sementara aku, hanya cium tangan, memberi rupiah yang tak lebih dari 10 persen penghasilanku sudah merasa menjadi anak yang berbakti. Ibuku tak merasa banyak berbuat kepadaku padahal kebaikan kepadaku amat sulit untuk dihitung. Sementara aku sudah merasa menjadi anak yang taat dan hebat hanya dengan sekelumit kebaikanku. Oh, betapa mulianya ibuku dan betapa naifnya diriku.

Bila aku sakit, ibuku rela menempuh perjalanan ratusan kilometer hanya sekedar ingin menciumku. Sementara bila ibuku sakit, aku hanya mengangkat telepon untuk berkata "maaf ibu, aku tak bisa menemani ibu." Oh betapa bedanya aku dengan ibuku. Ia segera meninggalkan semua kesibukannya hanya untuk jumpa dengan anaknya. Sementara aku selalu beralasan sibuk untuk bisa menemaninya saat ia berbaring lemah karena rasa sakitnya.

Saat aku sekolah dan kuliah, ibuku rela datang meminjam hutang walau mungkin mendapat cacian dari yang punya uang. Tetapi kini aku tega-teganya berkata "maaf ibu, saya belum bisa banyak membantu, aku masih harus mengembangkan bisnis dan keluargaku." Saat seperti ini ibuku hanya berkata "ibu bahagia bila melihat kamu dan keluargamu bahagia." Oh ibu, aku semakin malu.

Tadi malam, sebelum tidur aku menangis, betapa baktiku kepada ibuku belum seberapa. Dalam gelisahku, kukirimkan doa untuk ibuku "Ya Allah jaga ibuku, muliakan ibuku, beri ia tempat terhormat di dunia dan berikan ia mahkota terindah di surga-Mu kelak." Ah, betapa hinanya aku, karena hanya bisa menangis dan mengirimkan doa di usiaku yang semakin tua.

Itu bedaku dengan ibuku.........

Posting Komentar untuk "RENUNGAN Beda: Aku dan Ibuku oleh Dersopan"